KPU Prioritaskan Moderator Debat Pilpres dari Insan Media

Dua siswa Sekolah Menangah Atas memperhatikan gambar partai politik peserta pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Bandung
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – Nama Najwa Shihab mencuat karena masuk nominasi sebagai moderator debat kedua Pemilihan Presiden 2019. Namun, munculnya Najwa Shihab dikritik karena dinilai tak netral.

KPU Ungkap Alasan Abaikan Permintaan PDIP Tunda Penetapan Prabowo

Komisioner KPU Wahyu Setiawan, mengatakan Najwa dan presenter lain, Tommy Tjokro, sejauh ini masih belum dipastikan. Kedua nama itu baru sekadar usulan dari pihak stasiun televisi penyelenggara.

"Nominasi nama-nama tersebut bukan dari KPU. Itu (diusulkan) televisi penyelenggara yang ditawarkan kepada paslon dan tim kampanye. Selanjutnya bagaimana, ya harus dikoordinasikan kepada pihak terkait, dalam hal ini TKN dan BPN," kata Wahyu di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa 22 Januari 2019

KPU Akan Batasi Maksimal 600 Pemilih Per TPS untuk Pilkada 2024

Wahyu menambahkan, pemilihan moderator itu diputuskan atas hasil kesepakatan dari kedua tim kampanye pasangan calon. Hal itu menurutnya diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu.

Dia menekankan ada beberapa karakteristik yang dimiliki KPU dalam menentukan sosok moderator. Pertama, moderator tersebut haruslah seseorang yang berpengalaman di bidang media.

Harapan Prabowo Jelang Penetapan Presiden-Wakil Presiden Terpilih 2024 di KPU

"Sejak awal moderator adalah insan media, berlatar belakang, berasal dari insan media dan moderator diharapkan mampu memandu lalu lintas debat supaya lebih dinamis," ujat Wahyu.

Wahyu menekankan peran moderator dalam debat kedua nanti membuat jalan debat agar lebih stabil. Ia belum memastikan kapan moderator debat kedua ini ditentukan.

Dia memperkirakan penentuan baru akan dilakukan usai rapat evaluasi debat perdana tahap dua yang rencananya akan dilakukan hari Kamis atau Jumat pekan ini.

Debat Pilpres 2019 kedua nanti akan digelar pada 17 Februari 2019. Debat kedua ini akan mengusung tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Debat kedua ini hanya menyertakan dua capres yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya