Bawaslu Telusuri Peredaran Tabloid Indonesia Barokah di Tangerang

Tabloid Indonesia Barokah.
Sumber :
  • Sherly/VIVA.co.id

VIVA – Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kota Tangerang, melakukan penulusuran dan pemeriksaan terkait dengan adanya peredaran tabloid Indonesia Barokah di wilayah RT 03/04, Kelurahan Bojong Jaya, Karawaci, Tangerang.

Calon Anggota KPU-Bawaslu Wajib Tes PCR 2 Kali Sebelum Uji Kelayakan

Ketua Bawaslu Kota Tangerang, Agus Muslim mengatakan, peredaran tabloid tersebut diketahui pertama kali, setelah adanya laporan masyarakat di kawasan setempat.

"Warga yang melapor, ada kiriman tabloid itu menggunakan amplop bewarna cokelat yang dikirim dari Bekasi menuju Tangerang," katanya, saat dikonfirmasi VIVA, Kamis 24 Januari 2019.

DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Anggota KPU-Bawaslu pada 14-17 Februari

Sejauh ini, pihaknya masih menelusuri pengirim dari tabloid tersebut. Apalagi diketahui, tabloid itu memiliki isi dan tujuan yang diduga menyudutkan salah satu pasangan capres-cawapres peserta Pemilu 2019.

"Saat ini, kami konfirmasi dulu kepada pihak Pos Indonesia terkait dengan pengiriman," ujarnya.

Timsel Serahkan Daftar Nama Calon Anggota KPU dan Bawaslu ke Jokowi

Ketua RW 04 Sukarna menjelaskan, kiriman tersebut tiba di rumahnya pada waktu salat Zuhur kemarin. Kiriman tabloid tersebut langsung tertuju ke Masjid Baiturrahman.

"Ada enam eksemplar yang dikirim ke Masjid, kita tidak tahu siapa yang mengirim. Tahu-tahu datang. Biasanya, kalau ada yang kirim tabloid atau selembaran ke masjid, pasti laporan dulu. Ini tidak ada dan saat di cek isinya mengenai Pilpres. Makanya, kita langsung lapor pihak Bawaslu," ungkapnya.

Saat ini, tabloid tersebut diamankan pihak Bawaslu untuk dilakukan tindak lanjut. Seperti yang diketahui pula, pihak Bawaslu RI pun sebelumnya mendapatkan laporan peredaran tabloid tersebut di Jawa Tengah, adanya hal itu pihaknya juga melakukan penelusuran dan akan menggandeng Dewan Pers. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya