KPU Akan Lelang Kotak Suara Bekas Berbahan Aluminium

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA - Komisi Pemilihan Umum akan melelang kotak suara berbahan aluminium yang digunakan pada pemilu dan pilkada sebelumnya. Pelelangan ini karena pada Pemilu 2019, KPU akan menggunakan kotak suara dari bahan kardus.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

"Istilah dihapuskan itu dari daftar aset kami. Ya nanti barangnya oleh pemenang lelang mau ditimbang, dibuang atau dirakit. Ya terserah dia," kata Ketua KPU, Arief Budiman, di Gedung KPU, Jakarta, Kamis 24 Januari 2019.

Untuk penghapusan aset kotak suara berbahan aluminium, KPU akan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan sebelum dilakukan pelelangan.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

"Nanti kami minta persetujuan dari Kemenkeu. Persetujuan untuk dihapuskan. Nah, kalau sudah ada persetujuan, baru dilelang," katanya.

Meskipun belum bisa menentukan kapan dan bagaimana sistem lelangnya, Arief memastikan uang hasil lelang akan dikembalikan ke negara. "Dihapuskan dan uangnya masuk ke kas negara," katanya.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Arief menepis bila pelelangan kotak suara berbahan aluminium ini bisa disalahgunakan. Karena pelelangan ini berdekatan dengan waktu pencoblosan Pemilu 2019 yang jatuh pada 17 April mendatang.

"Mau dipakai apa? Disalahgunakan untuk apa? Wong kotak suara aja lho," katanya. (art)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024