KPU Mulai Berburu Moderator Debat Kedua Capres

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan, pihaknya bakal rapat membahas siapa moderator kedua debat kandidat capres-cawapres dalam Pilpres 2019 putaran kedua. Di mana pada debat putaran kedua nanti, Jokowi akan berhadapan langsung dengan Prabowo.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

"Agendanya besok. Kalau enggak jam 14 ya jam 16. Tapi agendanya besok," kata Arief di gedung KPU RI, Jakarta, Kamis 24 Januari 2019.

Dalam rapat penentuan moderator nanti, KPU akan mengundang Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi dan media penyelenggara debat.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Ya, persiapan banyak hal. Semua," ucapnya.

Sebelumnya Komisioner KPU Wahyu Setiawan angkat bicara terkait polemik presenter Najwa Shihab sebagai kandidat moderator debat capres-cawapres putaran kedua Pemilu 2019. Najwa yang akrab disapa Nana dianggap kurang netral. 

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

"Yang menominasikan mba Nana bukan KPU. Tapi televisi penyelenggara," kata Wahyu di gedung KPU RI, Jakarta, Selasa 22 Januari 2019.

Wahyu menambahkan, sebelumnya nama-nama calon moderator debat diusulkan oleh televisi yang akan menyiarkan. Selanjutnya nama tersebut diserahkan oleh KPU kepada Tim Pemenangan Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

"Ya nominasi dari KPU itu usulan TV penyelenggara. Yang disampaikan kepada paslon ini gimana, ini gimana. Ya silakan saja. Tapi kita udah punya daftar soal calon moderator. Yang semuanya kelima debat dari insan media," ujarnya. 

Atas dasar itu KPU masih punya nama nama nominator lain, bila Nana nantinya tidak menjadi moderator dalam debat kandidat capres-cawapres 2019 putaran kedua.

"Oh sudah. Kita kan sudah lihat bahwa nama nama insan media kan banyak sekali," ujarnya.

Tak hanya itu, Wahyu memastikan semua kandidat moderator alam debat kandidat capres-cawapres 2019 netral secara politik. "Iya pastilah. Sebab syaratnya begitu," katanya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya