Akbar Tandjung Akan Pengaruhi HMI Dukung Jokowi

Akbar Tandjung Bicara Politik Tanah Air
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Meski mendukung calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo di Pemilihan Presiden 2019, Ketua Dewan Penasihat Majelis Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam, Akbar Tandjung mengaku dia tidak bisa mengklaim dukungannya mewakili KAHMI. Tapi. menurutnya, memang banyak anggota KAHMI yang mendukung Jokowi.

Kaesang hingga Putri Akbar Tandjung Masuk Bursa Calon Wali Kota Solo Pengganti Gibran

"Tapi yang sepengetahuan saya cukup banyak dari warga KAHMI yang menyatakan dukungan ke Pak Jokowi. Tapi saya tidak menyatakan saya merepresentasi, tapi saya tahu warga KAHMI juga mengatakan ke saya akan memberikan dukungan ke Jokowi," kata Akbar dalam acara peringatan ke-72 tahun Himpunan Mahasiswa Islam dan syukuran Lafran Pane sebagai pahlawan nasional di kediaman Akbar Tandjung, Jalan Purnawarman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 5 Februari 2019.

Akbar Tandjung juga mengaku tak bisa mengatakan kalau dukungannya pun mewakili HMI. Namun, ia tak menutupi akan mengajak anggota HMI memilih Jokowi.

Golkar Melesat di Pileg 2024, Akbar Tandjung Sebut Airlangga Sukses jadi Ketum

"Saya menggunakan hak pilih saya, dan hak pilih saya kepada Pak Jokowi. Pilihan saya akan mempengaruhi adik-adik saya atau memberikan dukungan beliau, saya rasanya memang akan mempengaruhi. Tapi, sejauh mana pengaruhnya saya tentu tidak bisa mengatakan," ujar dia.

Sementara itu, Jokowi bersyukur atas dukungan Akbar Tandjung kepadanya. Menurutnya, dukungan Akbar Tandjung berpengaruh besar mengingat mantan ketua DPR itu adalah tokoh besar yang meniti karier mulai dari HMI, KNPI, hingga Partai Golkar.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

"Ya kita kan tahu semua, beliau kan tokoh besar di HMI, tokoh besar di Golkar, tokoh besar di KNPI, dan tokoh besar nasional. Jadi apa yang beliau sampaikan pasti memiliki pengaruh yang sangat besar," ucap Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengapresiasi Akbar Tandjung atas dukungannya pula terhadap pembangunan infrastruktur yang gencar pemerintah lakukan di daerah-daerah. Ia mengingatkan kalau pembangunan infrastruktur sangat penting.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menerangkan bahwa pembangunan infrastruktur merupakan fondasi dari negara mana pun di dunia. "Jadi kalau Pak Akbar Tandjung menyampaikan tadi mengenai pentingnya infrastruktur yang memang sangat penting," kata Jokowi lagi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya