Moderator Pede Bisa Cairkan Suasana Debat Pilpres Kedua

Capres Pemilu 2019, Joko Widodo dan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali melanjutkan proses tahapan Pemilu 2019 selanjutnya yakni debat kandidat putaran kedua calon Presiden (Capres). Rencananya, kegiatan itu akan dilaksanakan pada 17 Februari 2019 mendatang. 

Ajukan Saksi Tambahan, Putusan Gugatan Mulan Jameela Cs Ditunda

Debat kandidat ini sendiri akan dipandu oleh moderator sekaligus Presenter iNews, Anisha Dasuki dan presenter RCTI, Tommy Tjokro. Untuk memandu acara tersebut, kedua moderator itu menyatakan akan mengedepankan netralitas dan independen.

"Jadi Insya Allah kami atau saya tidak perlu dipertanyakan lagi soal independensi dan netralitas jadi Insya Allah dalam debat kedua nanti kami bisa sediakan debat yang cair," kata Tommy di usai penandatanganan Pakta Integritas Panelis dan Moderator di Jakarta , Sabtu, 9 Februari 2019.

Jusuf Kalla Nilai Pertemuan Jokowi-Prabowo Damaikan Politik Bangsa

Menurut Tommy, sebagai moderator sekaligus jurnalis, dirinya sejak awal sudah mengedepankan sikap profesional dalam kancah perpolitikan di Indonesia. 

"Bagi saya preferensi politik pribadi itu tak ada hubungan dengan profesi saya sebagai wartawan atau jurnalis maupun moderator," kata Tommy. 

#03PersatuanIndonesia Sinyal Baik Pertemuan Jokowi-Prabowo

Sementara itu, Anisha Dasuki juga menyebut akan memandu acara debat kandidat putaran kedua dengan profesional. Yang terpenting, kata dia adalah, masyarakat Indonesia bisa melihat gagasan, visi dan misi para calon pemimpinnya. 

"Saya sudah sejak pertama kali kontrak sebagai jurnalis atau wartawan disitulah saya tetapkan independensi, netralitas dan profesionalitas harus selalu saya jaga," ujar Anisha.

Keduanya juga menegaskan tidak ada intervensi dalam memimpin debat nanti. Hal ini menjawab pertanyaan lantaran keduanya bekerja di tempat yang pemimpin perusahaannya mendukung salah satu pasangan calon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya