Polri Siapkan Empat Lapis Pengamanan untuk Debat Capres

Capres Pemilu 2019, Joko Widodo dan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Polri siap mengamankan jalannya debat calon presiden kedua yang akan digelar pada Minggu, 17 Februari 2019. Untuk mengamankan jalannya debat, polisi akan menggunakan sistem empat lapis penjagaan seperti pengamanan debat pertama.

BPN Tegaskan Pernyataan Prabowo Tidak Serang SBY

“Tidak berbeda dengan pengamanan debat pertama, di debat kedua kami menggunakan pola empat ring pengamanan termasuk dengan jalur pelarian diri (escape route),” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Auditorium PTIK, Jakarta Selatan, Selasa, 12 Februari 2019.

Polri juga menyiapkan rencana kontingensi dalam acara tersebut. Menurutnya, pola pengamanan sudah disiapkan oleh Polda Metro Jaya yang sudah berpengalaman mengamankan jalannya debat.

CEK FAKTA: B20 Dapat Kurangi Impor Minyak

"Polda Metro sudah sangat komprehensif dan berpengalaman dalam rangka melakukan pengamanan kegiatan tersebut," ujarnya.

Ring 1 merupakan area yang dijaga oleh Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres), sebab ada Presiden Joko Widodo. Wilayah Ring 2 yaitu area hotel yang akan dijaga oleh TNI dan Polri. Ring 3 merupakan halaman parkir dan Ring 4 yaitu jalur keluar-masuk paslon termasuk jalur evakuasi darat dan udara jika terjadi sesuatu hal.

Prabowo Akui Masuk Bagian Elite Kuasai 1 Persen Kekayaan Negara

Dalam debat kedua, kandidat yang tampil hanya capres, yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Mereka akan adu gagasan perihal energi, pangan, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Sementara itu, calon wakil presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno, akan tampil di debat ketiga. (art)

Debat Kelima Capres-Cawapres 2019

Prabowo Sebut Masa Depan BUMN Tak Jelas, Jokowi: Silakan Cek Dividen

"Ada BUMN yang salah kelola, tugas pemimpin adalah cari solusi."

img_title
VIVA.co.id
14 April 2019