Debat Kedua Capres Ada 6 Segmen, Ini Aturannya

Debat Pertama Capres-Cawapres Pemilu 2019
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu, 17 Februari 2019 malam nanti.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Wahyu Setiawan menuturkan, debat capres kedua dibagi menjadi enam segmen. Segmen pertama, terkait penyampaian visi misi serta program masing-masing kandidat, berkaitan dengan tema yang diangkat.

Calon Anggota KPU-Bawaslu Wajib Tes PCR 2 Kali Sebelum Uji Kelayakan

Waktu yang dialokasikan kepada masing-masing kandidat, yakni selama 3 menit. Capres nomor urut 2, Prabowo menjadi yang pertama memaparkan visi dan misinya, kemudian disusul capres nomor urut 1, Joko Widodo. 

Segemen kedua dan ketiga, kedua capres diminta untuk lebih konkret dan detail mengenai program yang nantinya akan direalisasikan. Pada segmen ini, moderator akan melempar sebuah pertanyaan kepada masing-masing capres, dengan alokasi waktu 2 menit. Kemudian capres diberi waktu untuk saling  menanggapi selama 1 menit.

Pada segmen kedua, khusus membahas tema energi, pangan dan infrastruktur. Sedangkan segmen ketiga terkait tema sumber daya alam dan ?lingkungan hidup. "Pertanyaan disusun oleh panelis yang disampaikan oleh moderator," kata Wahyu kepada wartawan, hari ini.

Pada segmen keempat, lanjut Wahyu, merupakan segmen eskploratif. Pertanyaannya dibuat dalam bentuk video singkat yang dibuat oleh panelis debat. Waktu yang disediakan pada segmen ini selama 16 menit. 

Hanya ada satu tema yang dimuat dalam video tersebut. Video dipilih acak oleh Ketua KPU. "Jadi sesi ini nanti akan ada soal dari panelis yang dibuat video pendek untuk kemudian ditayangkan dan kemudian kami minta kandidat untuk menanggapinya," kata Wahyu.

Selanjutnya segmen kelima, adalah segmen inspiratif. Dalam segmen ini, kedua kandidat diberi waktu untuk saling tanya jawab satu sama lain. Alokasi waktu untuk para capres bertanya adalah 1 menit. Sementara untuk menjawab, capres diberi waktu 2 menit. Segmen terakhir berisi closing statement dari masing-masing capres selama 2 menit.

Debat kedua Pilpres 2019 akan mengangkat isu energi, sumber daya alam, lingkungan hidup,  pangan, dan infrastruktur.  Pada debat kedua ini, hanya akan menampilkan dua capres, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto.
 

DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Anggota KPU-Bawaslu pada 14-17 Februari
Furqan Jurdi Pegiat Hukum (dok.pribadi)

Relasi Kuasa, Sex, dan Abuse of Power di KPU

Tindakan demikian menciderai asas yang paling mendasar dalam pemilu, yaitu pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2022