Jaga Kerahasiaan Pertanyaan, Gladi Bersih Debat Digelar Siang Ini

Suasana jelang debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Edwin Firdaus

VIVA – Komisioner Komisi Pemilihan Umum, Wahyu Setiawan, mengungkapkan, pihaknya baru akan mengelar gladi bersih debat kedua Pilpres 2019 dengan sejumlah pihak Minggu, 17 Februari 2019, di Hotel Sultan, Jakarta, pukul 14.00 WIB. 

Hal itu baru dilakukan siang ini, menurut dia, untuk menjaga kerahasiaan pertanyaan-pertanyaan dalam debat capres malam nanti. "Insya Allah kami merencanakan jam 14 nanti kami akan melakukan gladi bersih antara pihak terkait meliputi TV penyelenggara, TKN dan BPN, pihak hotel, keamanam dalam hal ini Paspampres, TNI dan Polri, untuk pastikan rencana bisa dilaksanakan sebagaimana mestinya," kata Wahyu saat ditemui awak media di Hotel Sultan, Minggu, 17 Februari 2019. 

Calon Anggota KPU-Bawaslu Wajib Tes PCR 2 Kali Sebelum Uji Kelayakan

Pantauan VIVA, Hotel Sultan saat ini masih terbilang sepi. Hanya dihadiri sejumlah pewarta, baik cetak, maupun elektronik. Berbagai panggung pun telah dipersiapan, baik dalam ballroom hotel, maupun halaman hotel.

Wahyu melanjutkan, secara umum debat kedua ini akan meliputi enam segmen, yang mana debat kali ini muncul sesi eksploratif dan inspiratif di segmen ke 4 dan ke-5. 

"Kami akan meyaksikan mekanisme debat yang berbeda dengan debat pertama. Kami berharap format ini akan lebih memungkinkan kandidat tampil lebih bersinar natural dan lebih eksploratif untuk sampaikan gagasan-gagasan besar dan menyampaikan terkait visi misi program masing-masing," kata Wahyu. 

 

DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Anggota KPU-Bawaslu pada 14-17 Februari
Furqan Jurdi Pegiat Hukum (dok.pribadi)

Relasi Kuasa, Sex, dan Abuse of Power di KPU

Tindakan demikian menciderai asas yang paling mendasar dalam pemilu, yaitu pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2022