Jelang Debat, Jokowi Ditemani Sedah Mirah

Jokowi jelang debat Pilpres 2019.
Sumber :
  • Agus Rahmat/VIVA

VIVA –  Jelang Debat, Jokowi Ditemani Sedah Mirah Jelang debat kedua capres pada Minggu malam 17 Februari 2019, capres patahana Joko Widodo menyempatkan bersantai. Kali ini, ia ditemani oleh cucu keduanya, Sedah Mirah. Biasanya, Jokowi bersama Jan Ethes, cucu pertamanya. Namun karena Ethes sedang di Bali, maka hanya ditemani Sedah.

Prabowo Sebut Masa Depan BUMN Tak Jelas, Jokowi: Silakan Cek Dividen

Dalam konferensi persnya di beranda Istana Merdeka, Jokowi yang mengenakan pakaian putih tampak didampingi keluarga. Yakni istri Irana, dan anak keduanya Kahiyang beserta suami Boby Nasution. Sedangkan Sedah, nampak di gendong Iriana.

Saat menyampaikan keterangan, Sedah yang mulai tumbuh terlihat ikut mengoceh. Seolah tak mau kalah mengikuti kakeknya yang memberikan keterangan pers. Seharian tadi, ia mengaku hanya bersantai di rumahnya yang ada di kompleks Istana Bogor.

BPN Tegaskan Pernyataan Prabowo Tidak Serang SBY

"Jogging pulang, berangkat ke Jakarta jam 11 tadi ke warung makan dulu. setelah itu sore tadi tidur. Udah itu aja," kata Jokowi, di Istana Merdeka. Jelang debat kedua ini, ia mengaku peran keluarga sangat besar. Iriana pun tidak lupa mendoakan sang suami. "Support doa saja, biar lancar semua," kata Iriana.

Saat ke acara debat nanti, Jokowi hanya membawa menantunya Boby dan Iriana. Ia sebenarnya ingin membawa Sedah, hanya tidak diperbolehkan. Sementara dua anaknya lagi, Kaesang dan Gibran, sedang tidak di Jakarta.

CEK FAKTA: B20 Dapat Kurangi Impor Minyak

Siap Hadapi Debat

Pernyataan Jokowi dikuatkan anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Pramono Anung, di tempat terpisah. Iamemastikan kesiapan calon presiden nomor urut 01 yang menurutnya sudah sangat menguasai tema-tema debat kali ini.

Dia bahkan menegaskan bahwa tema-tema debat malam ini, khususnya yang terkait dengan masalah ketersediaan listrik, infrastruktur, impor, dana desa, ketahanan pangan, kemudian juga masalah kebakaran lahan, sudah berada di luar kepala bagi Jokowi.

"Jauh lebih siap karena beliau sudah menjalankan selama empat setengah tahun. Jadi sudah disiapkan dengan baik. Apapun data mengenai impor, pangan, listrik, infrastruktur, dana desa, sudah di luar kepala," kata Pramono di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 17 Februari 2019.

Mengenai kondisi dan kesiapan Jokowi sendiri baik secara fisik maupun psikis, Pramono mengaku bahwa Jokowi terlihat sangat santai dalam menghadapi debat hari ini.

"Kebetulan seharian ini kami dengan beliau. Beliau santai sekali hari ini. Bahkan tadi siang sempat makan siang sama cucu sama anak di Kelapa Gading," kata Pramono.

Saat ditanya apa harapannya pada debat Pilpres 2019 putaran kedua ini, Pramono mengaku setidaknya debat malam ini harus memberikan perspektif yang lebih baik tentang visi dan misi para capres bagi para calon pemilih. Kalaupun nantinya akan ada saling serang argumen antara Jokowi-Prabowo pada sesi debat bebas, Pramono berharap hal itu bisa lebih memberikan alternatif dan pandangan baru bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Yang jelas, apapun ini harus memberikan pilihan-pilihan alternatif terbaik bagi pimpinan yang ada, apakah itu 01 atau 02, tentunya kalau ada yang menyerang harus dilihat dalam perspektif untuk memberikan alternatif bagi seluruh rakyat Indonesia. Karena yang nonton debat ini kan sekarang tinggi sekali," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya