Rahasia Prabowo Tetap 'Selow' Meski Diserang Jokowi saat Debat

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan pendapatnya saat mengikuti debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Juru Bicara Badan Pemenangan Prabowo-Sandiaga, Ferdinand Hutahaean, menilai sikap Prabowo Subianto dalam dua kali debat capres bukan baru muncul. Tapi itulah karakter Prabowo yang sebenarnya.

Kenang Jenderal Wismoyo, Prabowo: Ajaran Beliau Bawa Saya Sampai Mendapat Mandat Rakyat

"Penampilan Prabowo tersebut tak muncul baru saja. Tapi memang itulah sesungguhnya Prabowo. Beliau orang yang berjiwa negarawan, kesatria dan tak seperti yang selalu dituduhkan oleh orang-orang yang menyudutkannnya dia pemarah, Prabowo ngamukan," kata Ferdinand saat dihubungi, Selasa, 19 Februari 2019.

Menurutnya, sifat Prabowo yang terkesan pemarah terbantahkan. Justru saat ini Prabowo jauh lebih negarawan. Sebab Prabowo ingin memelihara kondisivitas politik dengan tak membalas serangan-serangan Jokowi yang menurut Ferdinand melanggar aturan dan di luar kepatutan.

Surya Paloh Temui Prabowo di Kertanegara, Nasdem Jadi Gabung Koalisi?

 "Tapi Pak Prabowo dengan kesabaran yang tinggi dia tak meladeni kemarahan itu karena Prabowo tak ingin bangsa ini makin terbelah, makin pecah akibat kontestasi politik. Ini beda sekali dengan Jokowi yang dia tak berhitung risiko. Dia bahkan menyerang secara agresif hal-hal yang tak layak diserang seperti hal pribadi, inilah bedanya antara pemimpin kita ini," kata Ferdinand.

Ia menilai Jokowi bukan seorang negarawan. Sebab Jokowi tak berpikir risiko di lapangan atau di bawah seperti apa, tapi yang penting bisa memperpanjang kekuasaannya. 

Jusuf Kalla Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Terima Kenyataan

"Itu contrasting Prabowo dan Jokowi. Kalau Prabowo tampil seperti itu kita ingin  menunjukkan politik kita sejuk, damai, tak agresif, tak seperti yang dilakukan Jokowi. Silakan masyarakat memilih apakah akan memilih pemimpin sejuk agresif, atau negarawan. Pilihan ada di depan masyarakat," kata Ferdinand.

Menurutnya, masyarakat sudah melihat Prabowo bisa menjaga dan menahan diri. Berbeda dengan Jokowi yang dianggap agresif menyerang.

"Bahkan ingin menjatuhkan lawannya dengan cara-cara yang tak patut. Pilihan ada di hadapan masyarakat silakan dipilih. Tentu jangan salah pilih karena kita butuh pemimpin berjiwa negarawan ke depan," kata Ferdinand. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya