JK: Serangan Jokowi ke Prabowo Serahkan Bawaslu

Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) bersama Ketua Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi (kiri).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Calon Presiden Joko Widodo dianggap melakukan serangan personal terhadap rivalnya, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto, dalam debat kedua pada Minggu malam, 17 Februari 2019.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jokowi sebut Prabowo memiliki lahan ratusan ribu hektare di sejumlah wilayah.
 
Terkait persoalan ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan sepenuhnya kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan pihak terkait sebagai penyelenggara pemilu.

"Itu urusan Bawaslu dan KPU (Komisi Pemilihan Umum), dan masing-masing pihak. Ya, saya tidak ingin campuri. Tapi itu biar berjalan, biar Bawaslu yang menilai," kata JK di kantor Wapres di Medan Merdeka Utara, Selasa 19 Februari 2019.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Isu yang dianggap menyerang pribadi itu adalah terkait kepemilikan pengelolaan lahan oleh Prabowo. Mengenai apakah itu serangan pribadi atau paparan fakta, JK mengaku kalau itu multitafsir.

"Ah itu, biar Bawaslu saja yang menjelaskan. Karena itu memang multitafsir," ujar JK.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Mengenai performa Jokowi secara keseluruhan, JK hanya menilai Jokowi menguasai tema tersebut. Hal itu, karena pengalaman Jokowi sebagai orang yang menjabat presiden saat ini.

"Jokowi lebih banyak memberikan suatu jawaban yang benar, baik dan menguasai akibat pengalaman. Saya juga selalu sampaikan ke beliau bahwa gampang, bapak jawab sesuai pengalaman," kata JK.

Sebelumnya, kubu Prabowo menyinggung etika Jokowi dalam debat. Prabowo disebut tidak pernah menyerang personal Jokowi. Namun, Jokowi saat debat berlangsung kerap menyerang pribadi seperti terkait kepemilikan tanah atau lahan.

"Saya pikir, itu tidak perlu," kata politikus senior Demokrat, Syarief Hasan di Hotel Sultan, Jakarta. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya