Jokowi Dinilai Serang Pribadi, BPN: Moderator Debat Harus Cut

Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri), Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) dan Ketua KPU Arief Budiman (tengah) menyanyikan Indonesia Raya saat sebelum memulai debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Moderator debat capres diminta lebih cermat dalam memandu proses jalannya debat. Direktur relawan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ferry Mursyidan Baldan, menekankan moderator bisa memotong momen yang melanggar tata tertib debat.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Ferry menyindir serangan personal mesti disetop moderator karena tidak etis.

"Pertanyaan yang berniat serang pribadi, ini kedua kalinya. Harapan kita daripada yang kita tafsirkan serangan pribadi, itu kategori moderator yang harus cut," kata Ferry dalam acara Indonesia Lawyers Club tvOne dengan tema #ILCBenarkahJokowiDiatasAngin, Selasa malam, 19 Februari 2019

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

Kemudian, dia juga menyayangkan waktu pemotongan yang dilakukan moderator saat waktu bicara selesai. Mestinya, moderator cukup memberikan kode saja.

"Itu terjadi sebuah proses yang berpotensi me-reduce (mengurangi) jalannya debat," kata Ferry

Gerindra Akui Agenda Pertemuan Prabowo dengan Megawati Sedang Disusun

Dalam debat kedua pada Minggu, 17 April 2019, capres petahana Jokowi dinilai menyerang personal rivalnya Prabowo Subianto. Pertanyaan yang dilontarkan Jokowi soal lahan Prabowo di Aceh dan Kalimantan dianggap personal dan tak substansi.

Pertanyaan Jokowi ini yang sempat membuat ricuh saat debat karena tim BPN mengajukan protes ke KPU. Mereka meminta KPU menegur Jokowi karena dinilai menyerang personal dalam debat.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di kantor DPP Demokrat.

Sekjen Gerindra Sebut Syarat Utama Bakal Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran 

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebutkan sejumlah syarat bakal calon menteri di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024