Siap Debat Lawan Sandi, Ma'ruf Amin: Kita Ikut Aja Aturan KPU Lah

Ma'ruf Amin (kedua dari kanan) dan Sandiaga Uno (kanan) saat Debat Perdana 17 Januari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyatakan dirinya siap dengan kondisi apa pun terkait tata cara debat putaran ketiga. Debat ketiga nanti, pada 17 Maret 2019, Ma'ruf akan menghadapi cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno.

Wapres: Air Bersih Penentu Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

Ma'ruf tidak mempermasalahkan soal munculnya wacana perubahan model tanya jawab yang langsung disampaikan kandidat. Jadi, bukan hasil rancangan panelis.

"Kita ikut aja aturan KPU lah. Gimana KPU, seperti apa kata KPU, keputusannya kita ikuti. Siap saja," kata Ma'ruf di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis 21 Februari 2019.

Wapres: Stunting Rugikan Negara Hingga Rp450 Triliun

Debat yang akan sudah melewati putaran kedua ini dinlai Ma'ruf sudah berjalan baik. Ketika ditanyai usul perubahan itu datang dari pihak pesaing, Ma'ruf justru heran.

Sebab, sejak awal kubu pihaknya hanya mengikuti aturan dan tidak banyak mengeluh soal pelaksanaan debat. "Enggak tahu kenapa (kubu Prabowo) rewel begitu. Kalau kita endak rewel-rewel. Begini ya ikut, endak perlu hal-hal yang kita risaukan," kata Ketua Umum MUI itu.

Mario Suryo Aji Minta Restu Wapres Jelang Tampil di Moto3 2022

Ma'ruf menekankan, persiapan jelang debat ketiga nanti berjalan seperti biasa. Yang berbeda hanya porsi bicara dua calon wakil presiden yang khusus disediakan waktu untuk memaparkan visi misi.

Ia juga tak mempersoalkan, jika para pendukung dikurangi hadir dalam arena debat.

"Terserah KPU lah nanti. Nanti ada kesepakatan KPU dengan wakil TKN dan BPN. Ketika ada yang disepakati KPU, TKN, BPN, ya itu menjadi kesepakatan bersama," ujarnya.

Dijadwalkan debat ketiga Pilpres 2019 akan dihelar pada Minggu, 17 Maret 2019. Rencananya debat ketiga ini akan digelar kembali di Hotel Sultan, Jakarta Pusat.

Untuk debat ketiga ini hanya akan diikuti dua cawapres saja, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. Adapun tema debat cawapres ini terkait pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya