TKN Nilai Puisi Neno Warisman Bentuk Fanatisme Politik

Wakil Ketua TKN Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA – Wakil Ketua TKN Jokowi-KH Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding menilai doa aktivitas 2019 ganti presiden Neno Warisman dalam munajat 212 bukan merupakan bentuk fanatisme agama. Tapi fanatisme politik.

Legislator PKB: Jarak Depo Pertamina Plumpang dengan Permukiman Cuma Batasan Satu Jalan

"Bagi saya Neno sedang terjerat dalam fanatisme politik. Ucapannya bukan saja mendiskreditkan kelompok yang berlainan politik dengannya tapi bahkan juga berani mendikte dan mengancam Tuhan," kata Karding melalui keterangan tertulisnya, Minggu 24 Februari 2019.

Ia menilai keliru ketika ada yang menganggap Neno terlalu fanatik agama. Karena, orang yang fanatik agama berarti ia mengerti betul tentang nilai-nilai esensial yang diajarkan agama.

Ketum DPP IKA Undip: Kita Punya Peluang untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045

"Seperti menghargai, menghormati, dan menjaga perasaan sesama manusia. Bukan mengklaim seolah kelompoknya yang paling benar dan yang lain salah," kata Neno.

Menurutnya, apa yang diucapkan Neno Warisman dalam acara Munajat 212 di tidak pantas disebut sebagai doa. Melainkan cuma orasi politik yang bersifat pragmatis berkedok agama.

Neno Warisman Mundur dari Partai Besutan Amien Rais, Ini Alasannya

"Pertanyaan saya dari mana Neno bisa mengambil kesimpulan itu? Apa ukurannya sampai ia bs mengatakan jika pihaknya kalah maka tak akan ada lagi yang menyembah Allah?" Kata Karding.

Ia menilai, Neno adalah contoh paling gamblang bagaimana agama dijadikan kedok untuk tujuan politik. Neno dinilai menafikan kenyataan bahwa Jokowi-Maruf didukung oleh begitu banyak kiai, santri pondok pesantren, umat Islam yang juga menjalankan salat, zakat, haji, dan berbagai kelompok lintas agama. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Ustaz Salman

Nyanyi saat Launching Album Religi Ustaz Salman, Sandiaga Uno Disambut Neno Warisman

Dalam kesempatan ini, Sandi yang hadir selama satu jam lebih sempat bernyanyi bersama. Sandi melantunkan lagu religi dari Opick dan juga lagu Ustaz Salman.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2023