Ma'ruf ke Karawang Patahkan Hoax Larangan Azan dan Pernikahan Sejenis

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01 Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Kunjungan calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin ke Karawang, Jawa Barat, disebut sekaligus meluruskan kabar bohong yang baru saja menyebar di wilayah tersebut.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Kabar bohong itu yakni terkait adanya larangan adzan dan melegalkan pernikahan sejenis jika Jokowi dan dirinya menang, beredar santer di daerah tersebut.

"Kita sekaligus menjernihkan suasana bahwa itu semua bohong, hoax dan fitnah," kata Ma'ruf di Karawang, Jawa Barat, Sabtu 2 Maret 2019.

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

Untuk itu, Ma'ruf meminta aparat, segera memproses hukum dan mengejar perancang atau dalang dari perancang hoax tersebut.

Meski pelakunya sudah tertangkap, ia melihat, sebaran hoax makin masif jelang pencoblosan yang berupaya menyudutkan pasangan petahana. 

Diduga Sebar Hoax, Pemilik Akun Connie Rakundini Dilaporkan ke Polrestabes Surabaya

"Dicari sampai ketemu siapa yang menskenariokan, (siapa) aktor intelektual," kata dia. 

Sebelumnya calon presiden Jokowi juga menyampaikan hoax belakangan berpengaruh pada elektabilitas dirinya di Jawa Barat.

Jokowi memaparkan, awal Januari elektabilitas dia dan Ma'ruf sudah unggul dengan jarak empat persen dari pesaing. Gara - gara hoax belakangan ini, kata dia, situasi agak berubah dan berdasarkan survei intrenal elektabilitasnya terjun bebas sebanyak 8 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya