Surat Suara Nyasar, Fadli Zon: Penyelenggara Tak Profesional

Wakil Ketua DPR Fadli Zon
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalis

VIVA – Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Fadli Zon menilai 'nyasarnya' surat suara ke Hongkong menunjukkan penyelenggara tak profesional. Karena itu, ia meminta jangan salahkan masyarakat bila meragukan KPU.

Polri Turun Tangan Selidiki Dugaan Jual Beli Suara di Malaysia

"Itu kan menunjukkan bagaimana tidak profesionalnya para penyelenggara. Dan jangan salah kalau masyarakat jadi meragukan," kata Fadli di gedung DPR, Jakarta, Selasa 19 Maret 2019.

Ia menilai hal itu juga sebagai perilaku amatir. Karena itu harus segera diperbaiki. Supaya kepercayaan masyarakat bisa dikembalikan.

Bawaslu Sebut Dugaan Jual-Beli Surat Suara di Malaysia Terkategori Pelanggaran Pidana

"Saya melihat itu satu perilaku amatir yang membuat masyarakat makin meragukan. Dari mulai kardus, DPT bermasalah, salah kirim suara. Ini harus segera diperbaiki supaya menimbulkan kembali trust dan confident masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu ini. Kita ingin pemilu ini jujur dan adil," kata Fadli.

Sebelumnya, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mochammad Afifudidin mengatakan, ada surat suara Pemilu 2019 yang salah kirim. Temuan tersebut dari hasil pemantauan tim Bawaslu di luar negeri. "Ada surat suara salah kirim, yang mestinya ke Tawau (Malaysia) dan ke Manila (Filipina) dikirim ke Hongkong,” Kata Afif.

Ganjar Gaungkan Hak Angket Kecurangan Pemilu, TKN: Tak Ada Satu pun Alasan Urgensi
Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) menyusun kotak suara yang berisi surat suara hasil Pemilu Serentak 2019. (Foto ilustrasi)

Rekapitulasi Nasional, Suara PDIP Tertukar dengan Golkar di Seoul

Saksi PDIP melihat ada perbedaan perolehan suara PDIP di Sirekap dengan Formulir C.Hasil Plano di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 016 Seoul.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2024