Hampir 600 Ribu Personel Gabungan Diterjunkan Amakan Pemilu

Menko Politik Hukum dan HAM Wiranto.
Sumber :
  • Ridho Permana/VIVA.co.id

VIVA –  Sebanyak 593.812 personel gabungan dari TNI dan Polri, mengamankan seluruh tahapan-tahapan utama Pemilu 2019. Menurut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, jumlah itu mencakup sebagian besar total personel aparat pertahanan dan keamanan negara.

Wiranto Sebut Hadi Tjahjanto Sosok Tepat Jadi Menko Polhukam, Paham Anatomi Ancaman

"Hampir sebagian personel (TNI dan Polri) kita, dikerahkan untuk itu," ujar Wiranto usai konferensi video pengamanan Pemilu di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu, 20 Maret 2019.

Mantan Panglima TNI ini menyampaikan, aparat pertahanan dan keamanan nasional sendiri telah bertekad supaya hajatan demokrasi lima tahunan berlangsung lancar. Masyarakat harus dapat menyalurkan hak pilih mereka ke Tempat-tempat Pemungutan Suara (TPS) tanpa hambatan.

Wiranto: Saya Sebagai Pembina TKN, Bersaksi Tak Ada Agenda Apalagi Rencanakan Kecurangan

"Tekad kami adalah agar Pemilu dapat berjalan aman, lancar, dan sukses," ujar Wiranto.

Wiranto menegaskan, Pemilu 2019 sendiri bertujuan memilih calon kepala negara dan wakil rakyat periode 2019-2024. Aparat pertahanan dan keamanan akan memastikan pelaksanaan kedaulatan rakyat itu berjalan lancar.

Usai Nyekar ke Makam Orangtua, Prabowo Sempat Temui Wiranto dan Sampaikan Hal Ini

"Pemilu sukses itu artinya masyarakat tanpa gangguan dan intervensi, bisa memilih pilihan masing-masing, memilih pemimpin yang berkualitas dan bisa dipercaya memimpin negeri ini lima tahun ke depan," ujar Wiranto. (mus)

Presiden Jokowi bersama Menteri Bermalam di IKN Nusantara

Momen Wiranto dan AHY Ikut Bermalam di IKN Nusantara Bareng Jokowi

Presiden Joko Widodo dan Wiranto bermalam di Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis malam, 29 Februari 2024.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024