Malang Punya Magnet Tersendiri Bagi Jokowi, Ini Alasannya

Capres petahana Jokowi di Malang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya

VIVA – Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyapa sekitar 10 ribu pendukungnya di Gedung Olahraga Ken Arok, Kota Malang, Senin, 25 Maret 2019. Ada alasan tersendiri yang menjadi kewajiban Jokowi untuk menyapa pendukung di wilayah Malang Raya.

Jokowi Inaugurates Gumbasa Dam with Total of IDR 1.25 Trillion

"Karena Malang barometer musik, barometer olahraga, barometer kuliner dan barometer politik. Malang jadi prioritas kunjungan saya dalam kampanye nasional ini," kata Jokowo dalam sambutannya.

Jokowi menyebut, Malang adalah miniatur Indonesia. Banyak suku, agama, dan golongan yang hidup berdampingan selama puluhan tahun.

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Beberkan 3 Nepotisme Jokowi

Menurut dia, perbedaan tidak membuat Malang menjadi daerah yang berkonflik. Warganya justru mampu hidup rukun dalam ikatan persaudaraan.

"Malang miniaturnya Indonesia di sini bermacam-macam suku dan agama hidup bersama. Saya lihat sepanjang perjalanan di Malang semuanya rukun dan berasaudara dalam sebuah ikatan," ujar Jokowi.

Respons Istana soal Jokowi Disebut-sebut dalam Sidang Sengketa Pemilu di MK

Jokowi menyebut, di Kota Malang terdapat dua bangunan rumah ibadah yang cukup besar. Masjid Agung Jami' dan Gereja Immanuel keduanya berada di Jalan Merdeka Barat. Selama puluhan tahun bangunan itu berdiri beriringan. Jemaahnya pun saling memiliki rasa toleransi. Hal ini perlu dicontoh bagi daerah lain di Indonesia.

"Ada masjid Jami' dan Gereja Immanuel berjejer rukun, tidak ada konflik. Harus dicontoh oleh daerah lain. Karena kita ini, Negara ini dianugerahi banyak oleh tuhan, berbeda suku, berbeda agama dan berbeda bahasa daerah," tutur Jokowi.

Kampanye terbuka hari kedua Capres nomor urut 01 di Malang Raya ini juga dihadiri oleh Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir, dan sejumlah petinggi partai. Ini merupakan titik ketiga Kampanye Terbuka Capres nomor urut 01 di Jawa Timur. Sebelumnya Jokowi dan rombongan telah melakukan kampanye di Banyuwangi dan Jember Jawa Timur. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya