Janji Jokowi di Dumai, Rute Baru Kapal Roro hingga Bangun Jalur Kereta

Joko Widodo (kanan).
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengaku terus menelusuri permasalahan yang ada di Dumai, Provinsi Riau. Saat kampanye terbuka, Jokowi mengaku mendapat keluhan dari warga soal wacana pengoperasian kapal roll on roll off (Roro) Dumai-Malaka yang tak kunjung dibangun.

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Hal itu disampaikan oleh warga ‘Bumi Lancang Kuning’ itu kepada Jokowi melalui secarik kertas. Jokowi mengaku akan menindaklanjuti hal tersebut. 

"Tadi saya dapat tulisan bahwa kapal Ferry Roro Malaka-Dumai ini masih maju mundur. Saya sampaikan kapal Ferry Roro Malaka-Dumai saya setuju, saya acc," kata Jokowi saat orasi di kampanye akbar di Dumai, Selasa 26 Maret 2019.

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

Merespons itu, para warga Dumai dan sekitarnya yang hadir di acara kampanye sontak riuh ramai. Bahkan, teriakan 'Jokowi' bergema yang menunjukkan dukungan agar capres petahana itu bisa melanjutkan kepemimpinannya dua periode. 

Sementara itu, Jokowi juga mengaku mendengar keluhan warga soal pembangunan kereta api Labuhan Batu-Dumai yang juga tak kunjung terbangun. Ia pun mengaku akan menindaklanjuti keluhan tersebut. 

Government to Form Special Task Force for Handling Online Gambling

"Selanjutnya, ada kereta api, tadi saya dibisiki ini kereta api dari Labuhan Batu ke Dumai gimana pak? Untuk kereta api saya sampaikan segera dan dilanjutkan," ujar Jokowi yang kembali disambut tepuk tangan. 

Tak hanya itu, Jokowi juga menghadiahkan kepastian bagi para petani kelapa sawit di Riau. Pemerintah, dikatakannya, saat ini telah mendorong campuran minyak sawit dengan solar biodiesel 50 (B50) sehingga kebutuhan sawit pun akan semakin besar. 

"Ini urusan kelapa sawit, kita sekarang sudah B50 bukan B20, sudah ada MoU (nota kesepahaman) dengan Pertamina, tinggal pelaksanaan. Ini akan memberikan pekerjaan di daerah-daerah yang ada kelapa sawitnya,“ tutur Jokowi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya