Jelang Pencoblosan, Kotak Surat Suara Rusak Dimakan Rayap

KPU DKI ganti kotak surat suara yang rusak dimakan rayap
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Lebih dari 20 kotak surat suara untuk Pemilu 2019, dilaporkan rusak karena diduga dimakan rayap. Kerusakan kotak surat suara ini tersimpan di Gelanggang Olahraga Kecamatan, Mampang, Jakarta Selatan.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Meski sementara ditemukan 26 kotak surat suara, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Selatan, masih memastikan lagi jumlah kotak lain yang rusak.

Menurut Ketua KPU DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos, pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU Pusat, guna mengganti yang rusak.

Aksi Perusakan Logistik Pilpres di Rusia, Kotak Suara Dibakar dan Disiram Cat

"Kotak yang rusak, kami koordinasikan untuk diganti," kata dia, saat dikonfirmasi VIVA, Jumat 29 Maret 2019.

Dia mengaku kotak yang rusak, juga ada sebelum disimpan di GOR Kecamatan Mampang. Diduga kotak ada yang rusak, saat hendak diterima pihaknya.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

"Selain itu, pascarakit kotak, tentu ada yang kami temukan rusak juga. Ditotal semua, per KPU Kabupaten Kota," ujar Betty.

Lebih lanjut, dia menyebut, sebelum akhirnya naik di pemberitaan, pihaknya sudah lebih dulu melakukan fumigasi, guna membasi hama rayap yang menyerang.

Betty pun menambahkan, tidak ada pihak yang melakukan sidak ke lokasi. "Dan, setelah dikoordinasikan, tidak ada yang sidak ke lokasi. Apalagi, peserta pemilu," ujar dia lagi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya