Cak Nun Pastikan Tak Golput di Pemilu 2019

Budayawan Emha Ainun Najib
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi

VIVA – Budayawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun menegaskan tak golput di Pemilu 2019. Ia akan datang ke tempat pemungutan suara atau TPS pada 17 April 2019 mendatang.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Menurut Cak Nun, setiap pemilu, ia tak pernah absen untuk menyalurkan hak pilihnya.

"Saya selalu datang ke TPS, pertimbangan utama saya bisa tetap rukun dengan tetangga, sudah capek-capek siapkan TPS masak saya enggak datang," kata Cak Nun di Yogyakarta, Jumat, 29 Maret 2019.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Namun, untuk pilihan politik, ia menekankan adalah urusan pribadinya. Kata dia, yang tahu pilihannya adalah dirinya, Tuhan, dan malaikat. "Urusan apa saya di TPS kan enggak boleh ada yang tahu. Cuma saya, Tuhan, sama malaikat yang tahu,"ujar Cak Nun.

Terkait imbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar tak golput, ia pun merespons. Dia pun menyinggung fatwa haram golput yang pernah dikeluarkan MUI diibaratkannya merupakan proses dari padi atau beras sampai menjadi nasi.

50 Ribu Warga Aceh Besar Tidak Nyoblos saat Pemilu 2024

"Yang namanya fatwa itu kan intepretasi, mentransformasi atau mengintepretasi dari padi sampai menjadi nasi," ujarnya menjelaskan.

Cak Nun menguraikan jika beras itu nantinya akan diubah menjadi nasi. Nasi yang diubah dari beras ini bisa menjadi nasi kuning, nasi goreng ataupun nasi lainnya tergantung interpretasi masing-masing orang.

"Fatwa haram yang dikeluarkan MUI itu ketika dikeluarkan sampai akhirnya diterima masyarakat ya seperti itu. Tergantung mengintepretasikan seperti apa." (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya