TGB Klarifikasi Video Hoax ‘2019 Jokowi Kalah’

Tuan Guru Bajang saat berceramah di Lombok, NTB.
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar

VIVA – Mantan gubernur Nusa Tenggara Barat, Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB), mengklarifikasi beredarnya video hoax tentang orasinya di Lapangan Selong, Lombok Timur, pada Selasa, 2 April 2019, yang menyebut Joko Widodo akan kalah pada 2019.

Jokowi Minta AHY Selesaikan 2.086 Hektar Lahan Bermasalah di IKN Tanpa Ada Korban

TGB dengan tegas mengatakan video yang beredar itu adalah hoax, karena telah dipotong beberapa bagian dari pernyataannya.

Video hoax itu berisi pidato TGB yang dipotong seakan-akan TGB menyebut Jokowi kalah pada 2019. "Saya tanya, 2019 (massa teriak 'menang'), 2019..., 2019..., Bapak Jokowi kalah.”

Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa

Melalui keterangan tertulisnya kepada VIVA pada Rabu, 3 April 2019, TGB menjelaskan bahwa video itu telah dipotong dan direkayasa sedemikian rupa oleh orang tak bertanggung jawab. Kata "2014" pada video asli telah dihilangkan. TGB kemudian mengirimkan video yang asli tanpa editan. 

"Bapak ibu, saya ingin sampaikan di sini. Dulu pada tahun 2014, dengar bapak-bapak dan ibu-ibu, dulu pada tahun 2014 bapak Jokowi kalah, iya. Tetapi walaupun di NTB ini beliau kalah telak (pada 2014), namun beliau sebagai pemimpin tetap memberi perhatian penuh pada Nusa Tenggara Barat," ujar TGB pada video itu.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Video hoax yang sebelumnya beredar itu dibagikan banyak orang. Bahkan, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, membagikan video itu dalam akun Twitter-nya.

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka setelah ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 terpilih oleh KPU RI di Ist

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024