Jokowi di Baliho Caleg, Demokrat Jatim: Caleg Kami Tak Fokus Pilpres

Caleg Demokrat pampang foto Jokowi-Ma'ruf di Baliho
Sumber :
  • Istimewa/Eduward Ambarita

VIVA –  Publik Jawa Timur dihebohkan adanya baliho calon legislatif DPRD Ponorogo dari Partai Demokrat, Neni Eviliana, yang terang-terangan memasang foto calon presiden nomor urut 01, Jokowi. Padahal, Partai Demokrat tergabung dalam partai koalisi pengusung capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga. 

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

Seperti apa tanggapan Dewan Pengurus Daerah Demokrat Jatim? "Itu bukan caleg-nya (Neni Eviliana) yang buat, kami tidak tahu siapa yang buat," kata Sekretaris DPD Demokrat Jatim, Renville Antonio, ketika dikonfirmasi VIVA pada Sabtu, 6 April 2019.

Renville mengaku sudah menanyakan heboh baliho itu kepada Neni. Menurutnya, bisa jadi baliho dibuat oleh pendukung caleg wanita berjilbab tersebut yang kebetulan mendukung Jokowi. Atau bisa pula oleh pihak tertentu yang memiliki kepentingan tertentu. "Kami tidak bisa mengawasi seperti itu," tandasnya. 

Demokrat Ungkap Kejanggalan Pembahasan RUU HIP sejak Awal

Bukan hanya Neni, Renville mengaku juga menjadi korban sebaran baliho dan spanduk di kawasan Mataraman oleh orang tak dikenal. Di baliho Renville disebut maju sebagai calon legislatif. "Ada baliho saya terpasang dengan tulisan mohon doa restu mau maju pencalegan, padahal saya tidak nyaleg," ujarnya. 

Hal yang pasti, lanjut Renville, tugas utama para caleg Demokrat bukanlah pemilihan presiden. Instruksi dari Ketua Umum Demokrat, kata dia, para caleg diminta bersikeras memperoleh suara sebanyak-banyaknya dan lolos sebagai legislator. "Caleg kami tidak mengurusi pilpres," tandas anggota DPRD Jatim itu. 

Pilkada 2020, Demokrat dan Golkar Sepakat Usung 33 Paslon

Adapun tugas pemenangan Prabowo-Sandiaga, kata Renville, adalah tugas Partai Demokrat sebagai bagian dari koalisi pengusung paslon nomor urut 02. "Yang ditugaskan pada pemenangan Pilpres di Demokrat adalah pengurus dan kader yang tidak nyaleg. Kebetulan kalau di Jawa Timur saya tidak maju sebagai caleg," kata Renville. 

Diberitakan sebelumnya, baru-baru ini, publik dihebohkan baliho calon anggota DPRD asal Ponorogo, Jawa Timur, Neni Eviliana, asal Demokrat. Neni dalam balihonya secara terang-terangan memajang fotonya bersama Jokowi-Ma'ruf. Namun, menariknya dalam balihonya, tak terlihat wajah ketua umum Susilo Bambang Yudhoyono.

Neni sendiri mengaku, sengaja memampangkan foto dirinya berikut tagar #01IndonesiaMaju. "Baliho itu yang membuat dan memasang relawan, tapi sudah izin saya,” kata Neni Eviliana dalam pesan tertulisnya, Jumat 5 April 2019.

Dia menegaskan, dukungan itu secara terbuka disampaikan karena kemauan sendiri. Ia menyadari, keputusannya itu sejak awal sangat bertentangan dengan sikap partainya yang mengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Sementara, para pendukung dan relawannya mendukung Jokowi-Ma'ruf. "Jadi untuk caleg mereka pilih saya, sedangkan untuk pilpresnya pilih Jokowi-Ma’ruf. Saya tidak mungkin meninggalkan relawan kami,” ujarnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya