Jokowi Diunggulkan Sejumlah Survei, Tapi Masih Sulit Tembus 60 Persen

Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandiaga di Debat Perdana.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Direktur Eksekutif Lembaga Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menilai wajar lembaga-lembaga survei mengunggulkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Menurutnya belum ada kejadian luar biasa yang menurunkan suara Jokowi-Ma'ruf.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Belum ada satu kejadian luar biasa yang membuat tingkat approval turun dan berdampak ke elektabilitas," kata Burhanuddin di acara Indonesia Lawyers Club, Selasa 9 April 2019.

Burhanuddin juga menilai penting hasil debat capres-cawapres yang terjadi. Dalam survei pasca dua debat pertama di lembaganya, Jokowi juga dinilai menang dalam debat itu.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

"Survei saya menunjukkan Pak Jokowi dianggap menang oleh pemilih. Debat adalah faktor yang penting, karena yang menonton debat itu besar sekali," ujar dia.

Apalagi dukungan partai-partai terhadap Jokowi juga menurutnya lebih besar dua kali lipat ketimbang yang diperoleh saat Pilpres 2014. Dia justru kagum terhadap Prabowo Subianto yang baru aktif bergerak dalam 6-7 bulan terakhir, tetapi bisa meraih suara 37 hingga 42 persen.

Lembaga Survei yang Hasilnya Akurat dan Kredibel Bakal Jadi Rujukan di Pilpres 2024

Meskipun demikian, dia mengakui Jokowi kesulitan meraih angka lebih dari 60 persen. Hal itu menurutnya karena ada basis pemilih seperti 9 juta pemilih yang sudah punya sikap membenci Jokowi.

"Jadi pada dasarnya yang 9 juta itu sudah mempunyai sikap, baru kemudian dijustifikasi," kata Burhanuddin. (ren)

PSMTI Diterima Presiden Jokowi di Istana

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jelang pencoblosan Pemilu 2024, pada 14 Februari pekan depan, masyarakat diimbau agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Untuk bisa memilih pemimpin yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2024