Bawaslu Minta KPU Segera Ungkap Surat Suara Dicoblos Jokowi

Relawan menemukan surat suara capres 01 sudah dicoblos di Kuala Lumpur, Malaysia.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu meminta kepada Komisi Pemilihan Umum atau KPU mengungkap, siapa pelaku utama dari pencoblosan surat suara untuk capres nomor urut 01, Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin di Selangor, Malaysia, Kamis 11 April 2019.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar memastikan bahwa benar ada video yang beredar, terkait penemuan surat yang tercoblos untuk capres 01, Jokowi-Ma'ruf Amin. Penemunya adalah petugas Panwaslu Indonesia yang ada di Negara Malaysia.

Karena itu, dia meminta, agar KPU menghentikan sementara proses pemungutan suara di seluruh Malaysia. KPU harus segera memberi penjelasan terkait hali ini. Juga, bagaimana tata cara prosedur yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) yang benar.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

"Kemudian yang kedua, sampai siapa pihak yang ada di belakang ini dapat diungkap jelas. Ini adalah sebuah kegiatan yang sangat terstruktur, sistematis, masif," katanya.

Surat suara yang telah dicoblos ini, juga ditemukan sejumlah relawan pemenangan capres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Kasus ini telah dilaporkan kepada Kepolisian setempat. Petugas sudah melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Komisioner KPU, Hasyim Asy'ari yang dihubungi VIVA, belum bersedia berkomentar banyak terkait penemuan surat suara yang telah tercoblos ini. Juga tindak lanjut yang akan diambil, terkait dengan permasalahan ini.

Dia memastikan, KPU saat ini sedang melakukan klarifikasi mengenai ini. "Kami sedang klarifikasi," katanya. (asp)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024