Surat Suara Tercoblos, KPU-Bawaslu Bertolak ke Malaysia

Konferensi Pers KPU dan Bawaslu di Jakarta, Kamis, 11 April 2019.
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA –  Tim dari Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu akan bertolak ke Malaysia untuk menindaklanjuti temuan surat suara yang dicoblos di negara itu besok Jumat, 12 April 2019. 

Rekapitulasi Nasional, Suara PDIP Tertukar dengan Golkar di Seoul

"Kami menindaklanjuti dengan cepat dan dalam waktu yang tidak terlalu lama KPU RI dan Bawaslu RI memutuskan akan ada tim ya atau personil yang akan diberangkatkan dari Jakarta untuk melihat langsung ke sana," ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantor Bawaslu Jakarta Pusat, Kamis malam, 11 April 2019. 

Tapi, Arief tak merinci berapa tim baik dari KPU dan Bawaslu yang akan berangkat ke Malaysia untuk mendalami hal tersebut. 

Polri Turun Tangan Selidiki Dugaan Jual Beli Suara di Malaysia

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin menambahkan, tim yang akan berangkat ke negeri Jiran itu untuk mengetahui lebih detail mengenai adanya surat suara yang dicoblos.

Kemudian, surat suara pemilihan tersebut di letakkan di mana dan apakah benar untuk surat suara yang tercoblos itu sama dengan cetakan KPU atau itu, dan itu yang akan ditelusuri. 

Bawaslu Sebut Dugaan Jual-Beli Surat Suara di Malaysia Terkategori Pelanggaran Pidana

"Apakah surat suara tersebut memang surat suara yang benar-benar dicetak oleh KPU, siapa yang melakukan dan lain-lain ini yang akan kami lebih pastikan lagi dalam bentuk klarifikasi pemeriksaan investigasi," ujar Afif. 

Tentunya, kata dia, dalam proses investigasi nantinya akan melibatkan jajaran kami yang ada di daerah atau tempat kejadian tersebut. 
 

Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

KPU Akan Batasi Maksimal 600 Pemilih Per TPS untuk Pilkada 2024

Anggota KPU RI Idham Holik mengatakan, jumlah surat suara Pilkada 2024 lebih sedikit daripada Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024