Ma'ruf Amin Gagas 'Dewi' dan 'Dedi' untuk Genjot Ekonomi Desa

KH Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Calon wakil presiden Ma'ruf Amin melontarkan satu gagasan baru untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian perdesaan ketika dia memaparkan visi dan misinya dalam debat kelima dua pasangan calon presiden dan wakil presiden di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu malam, 13 April 2019.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Kedua gagasan itu dia sebut dalam dua akronim Dewi dan Dedi. Dewi adalah desa-desa wisata, sementara Dedi ialah desa-desa digital. Desa-desa wisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan wisata, sementara desa-desa digital ialah penyelarasan perekonomian desa melalui digitalisasi atau penggunaan teknologi informasi.

"Di desa-desa akan kami ciptakan: Dewi, yaitu desa-desa wisata; dan Dedi, yakni desa-desa digital," ujarnya.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Semua itu, katanya, akan diselaraskan juga dengan program pemberdayaan perempuan melalui kredit mikro. Dia mencontohkan program kredit usaha mikro (UMI) dan bank mikro, seperti halnya yang sudah dikembangkan di pesantren-pesantren.

"Nasabah-nasabahnya adalah kaum perempuan. Ibu-ibu merasa tertolong dan merasa sangat bermanfaat. Ini akan terus kami bangun ke depannnya," katanya. (mus)

Ini Penampakan Desa Wisata Ketapanrame yang Sempat Dibahas Gibran Saat Debat Cawapres
Destinasi Desa Wisata Wahana Alam Parung

Jadi Destinasi Desa Wisata, Wahana Alam Parung Bikin Liburan ke Tasik Makin Asyik

Wahana Alam Parung awalnya adalah sebuah desa yang kini disulap menjadi desa wisata dengan berbagai destinasi di dalamnya.

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2024