Polri Sebut Keamanan Jelang Pencoblosan Relatif Aman, Ini Indikatornya

Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
Sumber :
  • Polda Banten

VIVA – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, situasi keamanan dari masa kampanye hingga jelang pencoblosan pemilu 2019 berjalan aman. Bahkan,  beberapa gangguan keamanan di daerah dinilai tidak signifikan.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Secara umum sampai hari ini selama masa kampanye enam bulan itu tidak terjadi gangguan signifikan. Ada beberapa dinamika seperti di Jateng, Jogja dan ada penindakan operasi teror di Sumut dan di Jabar dapat ditangani baik," ujar Tito di Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin, 15 April 2019.

Situasi aman, kata Tito, ditandai dengan beberapa indikator salah satunya semua kegiatan pemerintah dan masyarakat lancar. Kemudian, dari data yang diterima tidak terjadinya perpindahan atau mobilitas masyarakat yang berlebihan keluar negeri.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

"Sampai saat ini data normal masuk dan keluar. Bahkan datanya banyak yang masuk dari tanggal 11-17 dan juga ditandai dengan harga tiket keluar negeri relatif sama. Ini menunjukan bahwa situasi relatif aman," katanya.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini pun menegaskan, pihaknya bersama aparat keamanan lainnya siap menjamin keamanan masyarakat untuk menyampaikan hak memilih pada hari pencoblosan tanggal 17 April mendatang.

Lembaga Survei yang Hasilnya Akurat dan Kredibel Bakal Jadi Rujukan di Pilpres 2024

"Kami memberikan jaminan keamanan bahwa di hari H kita siap, termasuk perhitungan suara," ucapnya.

PSMTI Diterima Presiden Jokowi di Istana

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jelang pencoblosan Pemilu 2024, pada 14 Februari pekan depan, masyarakat diimbau agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Untuk bisa memilih pemimpin yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2024