H-2 Pencoblosan, Manggarai NTT Masih Kekurangan 5.011 Surat Suara

Petugas sedang mengepak logistik Pemilu di gudang logistik KPU Manggarai.
Sumber :
  • Jo Kenaru NTT

VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) masih mengalami kekurangan sebanyak 5.011 surat suara, meskipun KPU RI telah mengirim pengganti surat suara yang rusak.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Kekurangan terjadi pada surat suara DPRD kabupaten sebanyak 4.814 dan surat suara pemilihan Presiden 1.197. Jumlah ini berkurang dari angka kekurangan surat suara yang dirilis KPU sebelumnya sebanyak 70.843. 

Senin pagi, 15 April 2019, KPU Manggarai menerima 7.500 surat suara untuk DPR RI, DPD, dan DPRD provinsi ditambah 7.500 surat suara, yang dikirim melalui Bandara Turelelo So'a, Kabupaten Ngada.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

"Hari ini ada tiga kali pengiriman, ada yang via Bandara Ruteng, kemudian Bandara Turelelo So’a dan sore ini ada pengiriman lagi melalui Labuan Bajo. Itu yang diangkut menggunakan Hercules dari KPU RI," kata Ketua KPU Kabupaten Manggarai, Thomas Aquino Hartono, Senin 15 April 2019.

Thomas menambahkan, surat suara yang dikirim dari Kupang Senin pagi telah selesai disortir dan hasilnya hanya satu yang rusak. "Berdasarkan pengalaman hari ini, penyortiran cepat selesai, karena  surat suara semua baik. Ini kan cetaknya di Bogor," ujarnya.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

KPU Manggarai dalam dua hari ini juga telah mengirim logistik pemilu ke sejumlah kecamatan yakni Reok, Reok Barat, Satar Mese Barat, Cibal Barat, Satar Mese Utara, Lelak, Rahong Utara, Ruteng, Wae Rii, dan Cibal.

"Target kita, 920 TPS untuk 12 kecamatan akan tuntas H-1 pencoblosan," ujarnya. Jumlah DPT Kabupaten Manggarai sebanyak 209.839 tersebar di 920 TPS, 171 desa/kelurahan, dan 12 kecamatan.

Laporan: Jo Kenaru- Manggarai NTT

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya