Tim Prabowo Heran Dubes Rusdi Diam Saja soal Kecurangan di Malaysia

Bos maskapai Lion Air sekaligus Dubes RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rafiuddin Abdul Rahman

VIVA - Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi heran Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Rusdi Kirana, hingga saat ini masih saja belum memberi pernyataan terkait temuan surat suara Pemilu 2019 yang sudah tercoblos di Malaysia.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Menurut Koordinator Juru Bicara BPN Dahnil Anzar Simanjuntak, pernyataan Rusdi penting karena merupakan pejabat tertinggi yang mewakili Indonesia di Malaysia.

"Ada fakta surat suara tercoblos. Justru yang bertanggung jawab adalah duta besar. Tapi sampai detik ini, enggak ada statement sama sekali dari Dubes, Pak Rusdi Kirana," ujar Dahnil di Media Center Prabowo-Sandi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 15 April 2019.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Dahnil menyampaikan pernyataan Rusdi penting untuk sekaligus menepis adanya kecurigaan bahwa Rusdi yang juga pemilik Lion Air itu menyalahgunakan kewenangannya untuk memberi keuntungan terhadap pihak-pihak tertentu.

Sebab, surat suara tercoblos pada kolom Jokowi-Ma'ruf, juga nama putra Rusdi yang maju sebagai salah satu caleg. "Harus ada statement dari Pak Rusdi Kirana," ujar Dahnil.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Dahnil juga mengungkapkan, sebagai dubes, Rusdi dipilih langsung oleh presiden. Dengan demikian, kecurigaan publik bahwa Rusdi menyalahgunakan wewenang untuk menguntungkan petahana juga akan semakin besar jika ia tak kunjung menunjukkan tanggung jawab.

"Setiap duta besar itu pasti ditunjuk langsung oleh presiden," ujar Dahnil. (ase)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024