Habibie: Siapapun yang Dipilih, Harus Memimpin 100 Persen Indonesia

BJ Habibie meninggal dunia.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Puspa Perwitasari

VIVA - Presiden RI ketiga, BJ Habibie, memberi pesan khusus kepada bangsa Indonesia menjelang pemungutan suara Pemilu 2019 Rabu esok, 17 April 2019. Menurut Habibie, dalam pemilu yang terdiri dari pileg dan pilpres, segenap rakyat harus betul-betul memilih pemimpin, serta para calon wakil rakyat, setelah dipikirkan matang-matang.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

"Ini penting untuk besok. Karena kesimpulan dari demokrasi yang kita jalankan ini, perjuangan agar kita menjadi bangsa maju benar-benar mengandalkan kualitas sumber daya manusia para pemimpinnya," ujar Habibie dalam Indonesia Lawyers Club (ILC) tvOne spesial jelang Pemilu 2019, Selasa, 16 April 2019.

Sementara, Habibie yang menjadi presiden pada 1998 hingga 1999 ini menyampaikan, bahwa kedaulatan negara Indonesia ada di tangan rakyat. Dengan demikian, merupakan tanggung jawab rakyat juga untuk menentukan arah negara melalui para pemimpin dan calon wakil rakyat yang mereka pilih.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

"Sumber-sumber daya manusia itu dipilih rakyat. Rakyat pemilik kedaulatan negara, manusia yang diciptakan Allah," ujar Habibie.

Selain itu, Habibie mengingatkan, pemimpin, juga wakil rakyat terpilih, harus senantiasa sadar bahwa mereka memiliki tanggung jawab penuh terhadap rakyat. Era demokrasi yang telah berlangsung selama 20 tahun merupakan upaya untuk benar-benar memakmurkan rakyat secara merata, bukan hanya segelintir golongan saja seperti di masa yang telah berlalu.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Siapapun yang dipilih, dia harus sadar, dia harus memimpin seratus persen bangsa Indonesia." (mus) 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024