Gajah-gajah di Aceh Berpartisipasi dalam Pemilu 2019

Gajah gendong kotak suara menuju TPS
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA – Tiga ekor gajah di Trumon, Aceh Selatan ikut menyemarakkan pesta demokrasi Pemilu 2019. Gajah ini mengantarkan logistik menuju ke tempat pemungutan suara (TPS), Rabu pagi 17 April 2019.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Gajah penghuni Conservation Response Unit (CRU) Trumon ini dikawal oleh pawang menyusuri jalan, mengantarkan logistik dari kantor Kecamatan Trumon Tengah menuju ke TPS di Desa Naca, dengan jarak sekitar 15 menit untuk tiba di TPS.

Tiga gajah ini sebelumnya telah dilatih sejak beberapa hari terakhir. Kotak suara dinaikkan ke atas punggung gajah lalu dikawal oleh aparat kecamatan setempat.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Camat Trumon, Tahta Amrullah mengatakan, gajah ini disiapkan hanya di TPS Desa Naca. Mamalia bertubuh besar ini sengaja dilibatkan untuk memeriahkan pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia.

“Ini semua kita laksanakan untuk memeriahkan pesta demokrasi.  Sekaligus momen promosi wisata serta edukasi dan mengajak masyarakat agar menyayangi satwa dilindungi,” ujar Tahta saat dikonfirmasi di Aceh.

Cerita Prabowo Subianto Bisa Bersatu Dengan Muzakir Manaf, Tokoh GAM yang Dulu Dia Cari

Saat proses mengantarkan logistik, masing-masing gajah mengangkut dua kotak suara. Dari kantor kecamatan mereka bergerak sekitar pukul 06.15 WIB pagi dan tiba di TPS pukul 06.30 sebelum pemilihan berlangsung. 

Ikut sertanya gajah dalam menyemarakkan hari pemilihan itu kata Tahta berawal dari ide Muspika kecamatan dan pihak CRU. 

Selain menyemarakkan pileg dan pilpres juga dinilai bertujuan untuk menarik para wisatawan agar berkunjung ke Trumon yang menyimpan ragam pesona wisata. 

“Selain untuk memeriahkan pesta demokrasi bisa untuk promosi destinasi wisata juga,” katanya. 

Pihaknya kini sedang berupaya untuk meningkatkan pariwisata daerah. Di mana selama ini destinasi yang ada di tempat mereka disebut masih kurang perhatian. Oleh karena itu pemda berinisiatif untuk tampil beda pada pemilu kali ini. (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya