Nyoblos di TPS Ini, Berasa ke Resepsi Pernikahan

TPS unik di Malang.
Sumber :
  • Lucky Aditya/VIVA.co.id

VIVA – Pesta demokrasi Pemilihan Umum 2019 benar-benar dimaknai sebagai sebuah hal yang menggembirakan bagi warga Gadingkasri, Klojen, Kota Malang, Rabu, 17 April 2019. Panitia Pemungutan Suara mendesain TPS 18 dengan cara unik, bermotif kuade pengantin bak di sebuah pelaminan.

Ridwan Kamil: Covid-19 Penyakit Orang Kota

Ketua RW 04 Kelurahan Gadingkasri, Edyson Indawan, mengungkapkan, dekorasi dibuat seperti di sebuah pesta perkawinan merupakan inisiatif warga. Mereka secara swadaya melakukan ini. Tujuannya menarik minat warga agar menggunakan hak pilihnya ke TPS.

"Proses dekorasi ini hanya sehari ya sama-sama panitia mulai kemarin malam mengerjakannya. Ini mandiri murni inisiatif warga," kata Edyson.

Ridwan Kamil Setop PSBB di Jawa Barat, Kecuali Bodebek

Dekorasi pengantin ini bernuansa putih-putih dengan penuh hiasan bunga berwarna-warni. Tenda dibuat dengan nuansa merah putih sesuai bendera kebangsaan Indonesia. Perbedaan TPS ini dengan kuade pengantin hanya tidak disediakan kursi pengantin bagi kedua mempelai.

"Inspirasinya nuansa merah putih, pelaminannya kan filosofinya pesta menggambarkan pesta demokrasi. Merah putih ini supaya muncul semangat kebangsaan," ujar Edyson.

Ridwan Kamil Tawarkan Proyek Investasi di Jabar Rp700 Triliun

Edyson menyebut, memang sengaja dibuat semacam pesta agar lebih semarak. Selain menyuarakan hak politik tujuan dibuat TPS semeriah mungkin juga sebagai tempat silaturahmi bagi warga. TPS dibuat senyaman mungkin agar warga betah berada di TPS.

Selain itu, PPS menyediakan hidangan makan pagi bagi semua warga yang bakal menyalurkan hak politiknya. Menu lontong sayur dan telur petis dipilih oleh panitia. Masakan tradisional itu sengaja dipilih sebab warga tak setiap hari menyantap hidangan ini.

"Lima tahun sekali jadi kita harus total lah ya. Habis nyoblos langsung makan jadi bisa bercengkerama sesama warga. Kalau suasana seperti ini warga senang datang ke TPS ini," tutur Edyson.

Sementara itu, tercatat ada 289 orang yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Untuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang mendaftar ada 10 orang di TPS 18 ini. Warga berharap siapa pun yang terpilih presidennya, mampu membawa Indonesia lebih baik lagi dan tetap menjaga persatuan NKRI. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya