21 TPS di Jambi Lakukan Pemungutan Suara Ulang Besok Pagi

TPS di Jambi yang terendam banjir
Sumber :

VIVA – Akibat hujan deras hingga mengakibatkan bencana banjir di sejumlah wilayah Jambi pada Rabu dini hari 17 April 2019, membuat sejumlah kotak suara yang berisikan surat suara rusak.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Informasi dihimpun VIVA, banjir ini secara mendadak naik ke permukaan dan menggenangi 21 TPS di Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi. Ratusan kotak suara terendam banjir dan surat suara yang berada di dalamnya juga rusak karena basah.

Ada juga TPS yang rubuh karena diterpa angin dan banjir. Sejumlah meja dan kotak suara yang telah disiapkan menjelang pagi tadi langsung dibongkar dan wargapun tidak jadi menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 2019.
 
Warga sebelumnya sempat menanyakan kepada panitia terkait teknis pemungutan suara, dan oleh panitia langsung diteruskan kepada KPU Kota Jambi untuk dijadwalkan ulang karena terkendala banjir.

Cerita Prabowo Subianto Bisa Bersatu Dengan Muzakir Manaf, Tokoh GAM yang Dulu Dia Cari

Komisioner KPU Kota Jambi, Hajairin membenarkan ada 21 TPS batal melaksanakan pemilihan umum karena dilanda banjir. Dari hasil koordinasi dengan masyarakat, disepakati bahwa pemilihan ulang dilakukan besok Kamis, 18 April 2019.

"Kotak suara yang rusak jumlahnya mencapai 105 kotak suara dan itu sudah kita siapkan Rabu malam ini untuk bisa dilakukan pemilihan ulang," kata Hajairin, Rabu malam, 17 April 2019.

Pengamat Sebut Anies Politisasi Korban Tewas Pemilu 2019 untuk Kampanye

Ia mengimbau warga yang belum menggunakan hak pilihnya di 21 TPS terdampak banjir, dapat hadir Kamis besok.  

"Pemilihan Kamis pagi besok itu bagi warga yang belum memilih di 21 TPS, dan saya harap masyarakat yang sudah memilih bisa mendukung melancarkan pemilihan karena TPS dilanda banjir saat hujan deras," ujarnya

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024