Jokowi Menang Mutlak 85 Persen dari Prabowo di Selandia Baru

Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya menyaksikan penghitungan suara pemilu di negara itu di kota Wellington, Kamis sore, 18 April 2019.
Sumber :
  • KBRI Wellington

VIVA – Perolehan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin dilaporkan menang mutlak atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Selandia Baru.

Gabung Prabowo-Gibran Sebagai Pilihan Baik, Surya Paloh: Ini Pilihan Saya, Pilihan Nasdem

Berdasarkan siaran pers Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya, ada dua tempat pemungutan suara atau TPS yang dihitung, yakni Wellington dan Auckland, plus pemungutan suara melalui melalui pos.

Jokowi-Ma’ruf unggul jauh dengan perolehan 2.085 suara atau 85 persen, sementara Prabowo-Sandiaga Uno hanya 312 suara atau 13 persen. Ada 44 surat suara dinyatakan tidak sah.

Bagi Mardani Ali Sera, PKS Harus Oposisi: Kita Beda dengan 02, Landasan Berpikir dan Asumsinya

"Masyarakat Indonesia yang datang tidak hanya dari kota Wellington dan sekitarnya, juga ada yang datang dari salah satu kota di Selandia Baru, yaitu Tauranga untuk mengawal pemilu yang bersih dan jujur," kata Tantowi, dalam siaran persnya kepada VIVA, Kamis, 18 April 2019.

Tantowi dan istri, Dewi Yahya, beserta para staf KBRI Wellington juga hadir menyaksikan penghitungan suara yang dimulai pukul enam sore waktu setempat.

Surya Paloh Akui Berkontemplasi Lama Sebelum Putuskan Gabung ke Koalisi Prabowo

Perolehan suara DPR RI di Selandia Baru, menurut siaran pers itu juga, dijuarai Partai Solidaritas Indonesia yang meraih suara 37.82 persen. Disusul PDIP 37.38 persen, PKS 7.30 persen, Partai Gerindra 3.4 persen, Partai Nasdem 2.99 persen, Partai Golkar 2.86 persen, dan PKB 2.59 persen. 

Partai lain seperti PAN, Partai Demokrat, Partai Perindo, PPP, Partai Hanura, PBB, Partai Garuda, Partai Berkarya, dan PKPI memperoleh suara di bawah 2 persen.

"Antusiasme yang ditunjukkan masyarakat Indonesia di Selandia Baru untuk berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemilu menunjukkan optimisme dan harapan besar terhadap masa depan Indonesia yang lebih baik, maju dan sejahtera," kata Tantowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya