Coblos Sisa Kertas Suara, Tujuh KPPS Terancam Dipecat

Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menunjukkan surat suara kepada para saksi saat dilakukan perhitungan lanjutan di TPS bersebelahan dengan Pos Lanal Pusong di Desa Pusong Baru, Lhokseumawe, Aceh
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

VIVA - Tujuh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 24, Kampung Ciloang, Kelurahan Sumur Pecung, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten, terancam dipecat. Alasannya karena mereka mencoblos 15 kertas suara sisa pemilihan presiden dan legislatif.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

"Kode etiknya, Panwaslu telah memberikan surat rekomendasi ke KPU Kota Serang untuk dilakukan pemeriksaan dan pemberhentian," kata Ketua Bawaslu Kota Serang, Banten, Faridi, saat ditemui di kantornya, Kamis, 18 April 2019.

Petugas Panwascam mengetahui sebelum semua surat suara dimasukkan ke dalam kotak. Mereka pun meminta agar tindakan itu dihentikan.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

"Delapan (surat suara) sudah dimasukkan ke kotak suara, tujuh (surat suara) belum dimasukkan," katanya.

Panwascam Serang merekomendasikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), agar TPS 24 dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU). "Dilakukan (penelitian) dan hasilnya rekomendasi PSU. Surat rekomendasinya sudah diberikan," katanya.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Bawaslu Kota Serang bersama Panwascam sedang melakukan pendalaman terhadap tujuh petugas KPPS, mengapa mereka mencoblos kertas suara sisa tersebut. "(Alasan mencoblos sisa Surat suara) sedang dilakukan pendalaman dengan memeriksa saksi-saksi," ujarnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024