BPN akan Lapor MK Jika Real Count KPU Beda dan Ada Kecurangan

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA - Jubir Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, mengatakan saat ini proses hitung cepat internal BPN menunjukkan kemenangan untuk pasangan Capres-cawapres 02, Prabowo-Sandi. Namun Andre mengatakan BPN tetap menunggu hitung cepat versi KPU.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Apabila proses hitung cepat KPU terjadi perbedaan yang signifikan, maka BPN akan meneliti lebih lanjut karena dimungkinkan terjadi kecurangan. Apabila hasil BPN menemukan kecurangan yang sistematis, masif dan terstruktur, maka BPN akan membawa kasus tersebut ke Mahkamah Konstitusi.

"Kalau misalnya real count kami beda dengan KPU, dan kami menemukan kecurangan yang masif terstruktur, ya mungkin saja kami akan gugat ke MK," kata Andre di Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 18 April 2019.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Andre meyakini pasangan Prabowo-Sandi yang memenangkan pemilu presiden dan wakil presiden 2019. Sebab, dari hitung cepat, internal BPN, data yang masuk sudah mencapai 60 persen.

"Kita punya real count sampai hampir 60 persen. Kita masih menunggu data dikumpulkan seluruh Indonesia sampai menunggu perhitungan real count KPU," ujarnya.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

BPN akan tetap menghormati dan berpegang terhadap real count yang dilakukan oleh KPU.

"Bagaimanapun juga perhitungan KPU yang final. Kami juga akan menghargai perhitungan KPU. Kalau misalnya berbeda dan kami menemukan kecurangan yang masif, terstruktur, kami mungkin akan gugat ke MK, kan jelas," ujarnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024