Jokowi-Ma'ruf dan PKS Unggul Perolehan Suara di Tokyo

Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) Tokyo, Jepang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Andy Lala (Jepang)

VIVA – Petugas Pemungutan Suara (PPS) di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) Tokyo telah menyelesaikan proses penghitungan suara Pemilihan Umum Presiden-Wakil Presiden dan Legislatif 2019, selama sekitar 30 jam, Kamis 18 April 2019. 

Yen Amblas ke Level Terendah dalam 34 Tahun, Menkeu Jepang Bakal Ambil Tindakan

Dari total 9.713 suara, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Joko Widodo - KH Maruf Amin meraup perolehan 5.905 suara. Untuk paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno  mendapat 3.534 suara. Sementara itu jumlah suara tidak sah dari TPSLN 01 dan melalui pos mencapai 224 suara.

Untuk suara Pemilu DPR RI wilayah kerja PPLN Tokyo, dari total 9.046 suara, Partai Keadilan Sejahtera mendapat 1.869 suara. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di urutan kedua dengan perolehan 1.727. 

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Partai Solidaritas Indonesia di urutan tiga mendapat 1.693 suara. Partai Gerindra di urutan empat dengan 728 suara, Partai Kebangkitan Bangsa dengan 434 suara. Suara tidak sah mencapai 958 suara.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri Muhammad Arif mengkritik kekurangan surat suara. Hal ini menjadi problematika yang tidak hanya dialami di Jepang. "Kekurangan pemilu di luar negeri adalah tidak terverifikasinya data pemilih di luar negeri secara riil,” ujarnya, Kamis, 18 April 2019.

PM Jepang Sambut Prabowo di Tokyo, Ucapkan Selamat atas Kemenangan di Pilpres

Saksi dari PKS Endriartono tetap mengajukan  keberatan, terkait penggunaan suara melalui pos terpental (tidak terkirim) yang digunakan untuk menutup kekurangan surat suara bagi WNI yang baru mendaftar pada hari pencoblosan, Minggu 14 April 2019. 

Endriartono mengatakan, surat suara yang dikirim melalui pos dan terpental seharusnya sudah tidak bisa digunakan. "Kami menulis C2 (keberatan) sehingga kami tidak menandatangani hasil TPSLN Tokyo," kata Endriartono yang juga selaku Ketua PKS Jepang.

Sementara itu Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Tokyo Makmur Lubis menyambut baik pelaksanaan Pemilu di Tokyo dan sekitarnya yang berjalan lancar.

"Malam ini bisa kita selesaikan seluruh rangkaian mulai dari pencoblosan suara sampai Rabu (17 April 2019) penghitungan suara hingga Kamis (18 April 2019). WNI yang mencoblos bisa tertib dan anggota PPLN serta saksi bekerja luar biasa dalam mendukung seluruh proses pemilu," kata Makmur Lubis.

Untuk di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri Osaka Jepang. Dari total 3.516 suara, paslon 01 meraih perolehan suara 2.066 suara. Sementara paslon 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno meraih 1.356 perolehan suara. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya