PDIP Klaim 5 Kursi DPR dari Jateng V, Puan Suara Tertinggi

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • VIVA/Lilis Khalisotussurur

VIVA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyebut berdasarkan perhitungan internal pihaknya yang berbasis C1 terverifikasi, partainya telah mendulang ?lima kursi DPR dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah V yang meiliputi Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Datanya berasal dari data C1 terverifikasi yang masuk ke kamar hitung bentukan PDIP. Hasilnya Puan Maharani disebut mendapatkan suara tertinggi di Jateng V.

"Mbak Puan dapat 48.882 suara," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat jumpa pers di kantor PDIP, Jakarta Pusat, Jumat, 19 April 2019.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Mengekor setelahnya, ungkap Hasto, adalah Aria Bima dengan perolehan 19.940 suara, kemudian Muchamad Nabil Haroen dengan 1.873 suara, Faozan Amar dengan 1.282 suara dan Alfian Reziani dengan perolehan 1.085 suara.

Hasto mengklaim infrastruktur penghitungan ini sudah dimiliki partainya sejak lama. Kamar hitung ini di bawah koordinasi Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDIP.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Kepala BSPN PDIP, Arif Wibowo, dalam kesempatan yang sama mengungkapkan, data ini telah dihitung pihaknya dengan perhitungan metode yang dipakai KPU, yakni Sainte Lague dengan total suara 295.593.

"Data diolah dengan sistem IT yang dihimpun berdasar C1 yang akurat dan autentiknya. Data C1 ini diterima saksi," kata Arif.

Sehingga, kata Arif, ?pihaknya bisa memantau langsung secara live data yang diinput kamar hitung PDIP. Selain PDIP, ungkap Arif, Partai Nasdem dan Partai Golkar juga telah mendapat masing-masing satu kursi DPR dari data yang masuk per pukul 14.00 WIB.

Arif juga menggaransi mengenai kredibilitas data-data dalam kamar hitung PDIP, meskpun ia mengimbau tetap menunggu hasil rekapitulasi resmi dari KPU.

"Tapi ?data kami siap diaudit," tuturnya.?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya