KPU Akui Ada Upaya Peretasan Terhadap Situsnya

Komisioner KPU Viryan Aziz
Sumber :
  • VIVA.co.id/Reza Fajri

VIVA - KPU membantah adanya peretasan pada website resmi KPU. Sejauh ini yang terjadi hanyalah kesalahan input data formulir C1 di beberapa daerah.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Meski begitu, bukan berarti situs resmi KPU tanpa ancaman. Menurut Komisioner KPU, Viryan Azis, belakangan ini ada upaya untuk menyerang situs atau server KPU, tetapi, sampai saat ini serangan tersebut bisa ditangani oleh tim teknis KPU.

"Memang ada upaya untuk menyerang situs atau server KPU. Namun, sampai sekarang bisa ditangani oleh tim teknis kami," kata Viryan di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat, Jumat malam, 19 April 2019.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Viryan juga menanggapi banyaknya masyarakat yang mengeluh larena website resmi KPU susah diakses. Menurutnya, itu terjadi karena akses yang tinggi dari masyarakat ke website resmi KPU, Viryan membantah website KPU mengalami down server.

"Akses ke situs publikasi sangat tinggi, diangka 150 ribu viewers pada saat ini. jadi masyarakat itu bukan karena server down namun tidak bisa mengakses terkait dengan koneksi masing-masing tempat yang terkait dengan akses internetnya," kata Viryan.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Viryan menegaskan website KPU dalam keadaan baik. KPU juga mendapatkan bantuan dari sejumlah pihak untuk menjaga situs resmi KPU dari serangan hacker dalam maupun luar negeri.

"Kami sampaikan server KPU sampai hari ini baik-baik saja. Alhamdulillah kami dapat dukungan dari berbagai pihak," ujarnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024