11 TPS di Manado Akan Gelar Pemungutan Suara Ulang

Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menunjukkan surat suara kepada para saksi saat dilakukan perhitungan lanjutan di TPS bersebelahan dengan Pos Lanal Pusong di Desa Pusong Baru, Lhokseumawe, Aceh
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

VIVA - Pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), boleh usai pada 17 April 2019 lalu. Meski begitu, masih saja meninggalkan berbagai persoalan. Seperti halnya 11 TPS di Manado yang bakal menggelar pemungutan suara ulang.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

"Iya ada pelanggaran sehingga akan digelar pemilihan ulang. Pertama keterlambatan logistik. Kemudian logistik tertukar dan juga ada beberapa human error tentang aturan sehingga ada pemilih yang berhak justru tidak bisa memilih," ujar Koordinator Divisi SDM Bawaslu Manado, Heard Runtuwene, di Manado, Jumat 19 April 2019.

Dia menjelaskan dari temuan Bawaslu ada sekitar 65 pelanggaran yang ditemukan. Ini termasuk dengan pelanggaran di masa tenang dan saat hari pencoblosan. Dari indikasi itu, ada 11 TPS yang menjurus ke pencoblosan ulang.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

"Hitungan kami sudah ada 11 TPS yang akan melakukan pencoblosan ulang karena melanggar aturan sesuai PKPU Nomor 9 Tahun 2019 tentang Perhitungan dan Pemungutan Suara," katanya.

Kendati demikian, ia belum dapat memastikan pencoblosan itu apakah semua jenis surat suara atau yang bermasalah. Hal ini masih menunggu hasil pertemuan dengan KPU Kota Manado. "Memang yang paling fatal itu pemilihan untuk DPRD Kota," ujarnya.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Ketua KPU Manado, Sunday Jelly Rompas, mengatakan masih akan melihat terlebih dahulu kajian hukumnya. Hal ini karena rekomendasi tidak serta-merta harus diikuti.

"Harus dilihat dulu kajian hukumnya. Kalau tepat, sudah merupakan kewajiban penyelenggara pemilu untuk segera menindak lanjutinya, iya kita lakukan pencoblosan ulang," katanya, dihubungi terpisah.

Meski begitu dia membenarkan Bawaslu Manado telah berkoordinasi dengan KPU Manado. "Semoga secepatnya kami putuskan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya