Data Tak Sesuai, KPU Minta Masyarakat Buka Layanan Helpdesk

KPU minta warga buka layanan Helpdesk bila terdapat ketidaksesuaian data.
Sumber :
  • KPU

VIVA – ?Kesalah dalam proses input data penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) ke sistem penghitungan atau situng melalui website dipertanyakan masyarakat.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Setelah informasi ada kesalahan memasukan data ini beredar di media sosial, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kemudian mengakuinya. Bahkan, kesalahan entri terjadi pada sembilan TPS di enam daerah. Maluku, NTB, Jawa Tengah, Jawa Barat, Riau, dan Jakarta.

Terkait kesalahan data ini, KPU telah mengakuinya. Proses perbaikan terus dilakukan. KPU memastikan bahwa kesalahan ini dipastikan karena kekeliruan saja. Meski diakui juga ada upaya-upaya untuk meretas situs milik mereka.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Memang ada upaya untuk menyerang situs atau server KPU. Namun, sampai sekarang bisa ditangani oleh tim teknis kami," kata Komisioner KPU, Viryan Azis di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat, Jumat malam, 19 April 2019.

Koreksi atau perbaikan saat ini sedang dalam proses oleh petugas, misalahnya untuk TPS 03 Desa Gonjak, Kecamatan Praya, NTB. Sementara perbaikan telah dilakukan untuk data TPS 17 Kelurahan Jempong Baru, Kecamatan Sekarbela.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Perbaikan juga sudah dilakukan untuk data yang salah di TPS 93 Bidaracina, Jatinegara, Jakarta Timur. Hal yang sama juga telah dilakukan oleh petugas untuk TPS di Provinsi Riau, atau TPS 10, Keluarahan Lakskamana, Dumai.

Proses perbaikan data juga dilakukan untuk TPS 7, Kelurahan Rojoimo, Wonosobo, Jawa Tengah. Semantara untuk TPS 25 Kelurahan Banjarnegro, Martoyudan, Kabupaten Magelang, perbaikan sudah dilakukan.

Perbaikan lain juga sudah dilakukan untuk TPS 39 yang ada Keluruhan Cipete, Kecamatan Curug, Kota Serang. Kemudian juga TPS 06 Kelurahan Lesane Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah.

Kemudian perbikan juga telah dilakukan untuk TPS 15 Desa Cibadak, Kecamatan Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat.

KPU memastikan bahwa mereka akan tetap transparan. Terkait dengan kesalahan memasukan data, KPU meminta masyarakat layanan helpdesk bila mengetahui ketidaksesuaian data dan informasi dalam tayangan di laman KPU.

Masyarakat juga dapat menghubungi call center KPU melalui nomor telepon 021-319 025 67 atau 021- 319 025 77 atau melalui Whatsapp di nomor 0812 1177 2443 juga email ke bagianteknis@kpu.go.id. Layanan ini buka mulai pukul 08.00 - 18.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya