Pemungutan Suara Ulang di Tangerang, 1.500 Surat Suara Disiapkan

Pemungutan suara ulang di TPS 01 Tangerang
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang menyediakan sekitar 1.500 surat suara dalam proses pemungutan suara ulang (PSU) yang berlangsung di TPS 01, Desa Bunar, Sukamulya, Tangerang, Minggu, 21 April 2019.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

"Kita sediakan lima jenis surat surat dengan total sekitar 1.500 surat untuk jumlah pemilih sebanyak 236," kata Ketua KPU Tangerang, Ali Zaenal Abidin kepada VIVA.

Dalam pelaksanaan PSU tersebut, pihaknya kembali menugaskan panitia pemungutan suara sebelumnya. Hal itu dilakukan lantaran tidak ditemukan kelalaian pada petugas.

Cerita Prabowo Subianto Bisa Bersatu Dengan Muzakir Manaf, Tokoh GAM yang Dulu Dia Cari

"Kita kembali menugaskan panitia sebelumnya. Dan kita harap tidak ada lagi kendala dalam pelaksanaan PSU ini," ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga berharap agar pemungutan ulang tersebut dapat meningkatkan jumlah partisipasi dalam menggunakan hak suaranya.

Pengamat Sebut Anies Politisasi Korban Tewas Pemilu 2019 untuk Kampanye

Seperti yang diketahui PSU tersebut dilakukan berdasarkan rekomendasi pihak Bawaslu Tangerang lantaran ditemukan adanya empat suara tidak sah karena pemilih merupakan warga dari luar daerah yang tidak menyertakan form C5.

Pantauan VIVA, para pemilih sudah memadati lokasi sejak pukul 08.00 WIB yang mayoritas merupakan kaum ibu. Berdasarkan laporan petugas, dari jumlah 236 daftar pemilih tetap, ada sekitar 30 warga sudah menggunakan hak suaranya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024