Pemungutan Suara Ulang di Tangerang, Ajakan Golput Diantisipasi

Pemungutan suara ulang di Desa Bunar di Kalimulya, Tangerang
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Pihak Kepolisian Resor Kota Tangerang melakukan pengecekan dan pemantauan terhadap pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 01, Desa Bunar, Sukamulya, Tangerang, Minggu, 21 April 2019.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Pada pengecekan tersebut, pihaknya mengantisipasi potensi oknum-oknum yang mengajak masyarakat untuk tidak menggunakan hak suaranya atau golongan putih (golput).

"Yang perlu diantisipasi pada PSU ini adalah tingkat partisipasinya. Di mana kita harapkan meningkatkan jangan sampai menurun. Anggota Kepolisian juga sudah diperintahkan untuk antisipasi adanya ajakan tidak memilih," kata Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif.

50 Ribu Warga Aceh Besar Tidak Nyoblos saat Pemilu 2024

Sementara Ketua KPU Tangerang, Ali Zaenal Abidin mengatakan, untuk meningkatkan tingkat partisipasi pemilih, pihaknya melakukan sistem jemput bola dan meminta agar petugas dan aparat terkait terus menyerukan ajakan memilih.

"Kita kasih pengumuman terus untuk memilih ditambah, kita gunakan sistem jemput bola," ujarnya.

Ratusan Warga Kalbar Pilih Golput untuk Pertahankan Wilayah

Dari data yang dihimpun VIVA di lokasi, dari 236 daftar pemilih tetap atau DPT, tingkat partisipasi yang sudah melakukan pemilihan sebanyak 55 persen. Pihaknya pun meyakini, partisipasi pada proses PSU ini akan meningkat dibandingkan pada waktu pemilihan reguler.
 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024