Lima Petugas KPPS di Yogyakarta Meninggal Dunia

Ketua KPU DI Yogyakarta Hamdan Kurniawan
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat ada lima petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan suara (KPPS) di provinsi itu meninggal dunia saat bertugas selama rangkaian pemilu 2019. Selain itu, tujuh orang petugas KPPS sakit.

Tahapan Pilkada Jakarta 2024: Pendaftaran Paslon Dibuka 27 Agustus

Ketua KPU DI Yogyakarta Hamdan Kurniawan mengatakan, dari lima orang petugas KPPS yang dilaporkan meninggal, dua di antaranya meninggal pada Selasa, 23 April 2019.

"Pagi ini saja kami mendapatkan informasi dua lagi petugas KPPS yang meninggal dunia, [seorang di antaranya] dimakamkan siang tadi," katanya di Kota Yogyakarta.

KPU Lapor DPR Ada 181 Anggota PPK, PPS dan KPPS Meninggal Dunia Selama Pemilu 2024

Berdasarkan data yang diperoleh, lima petugas KPPS yang meninggal, antara lain dua petugas KPPS di Kabupaten Sleman, seorang petugas KPPS di Kabupaten Gunungkidul, dan seorang petugas KPPS dan seorang petugas PPK Kecamatan Ngampilan di Kota Yogyakarta.

Sedangkan petugas KPPS yang sakit, KPU mencatat ada tujuh orang. Empat orang petugas KPPS yang sakit itu baru dilaporkan, sedangkan tiga orang petugas KPPS dilaporkan sejak kemarin sore.

Bawaslu Catat 12.284 TPS Pemilu 2024 Tak Punya Alat Bantu Disabilitas Netra

KPU, katanya, masih menyelidiki penyebab kelima petugas KPPS itu wafat, karena kelelahan atau alasan lain. Sebab baru hari ini KPU menerima kabar ada dua orang lagi petugas meninggal dunia.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari (tengah)

Ketua KPU Minta Maaf kepada KPPS karena Negara Belum Mampu Belikan HP

Ketua KPU mengucapkan terima kasih kepada Institut Teknologi Bandung (ITB) karena telah membangun Sistem Informasi Rekapitulasi Pemilu (Sirekap). 

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024