Sandiaga Sebut Penghitungan Suara BPN Tak Terpusat

Sandiaga Uno.
Sumber :
  • instagram Sandiaga

VIVA – Calon wakil presiden nomor urut, 02 Sandiaga Uno menyebut lokasi penghitungan suara yang dilakukan Badan Pemenangan Nasional atau BPN tak terpusat menjadi satu.

Saksi Ahli di MK Sebut Sirekap Tak Bisa Dipakai Untuk Ubah Suara Pilpres 2024

Menurutnya, seluruh jaringan BPN mengumpulkan penghitungan suara di tempat masing-masing.

"Iya di teman-teman yang kumpulkan ini, ada di tempatnya masing masing," ujar pria yang akrab diapnggil Sandi ini di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu 24 April 2019.

KPU Bakal Lanjutkan Rekapitulasi Suara Hasil Pemilu 2024 Hari Ini, Sisa Lima Provinsi

Menurutnya, usai para relawan dan pendukung mengumpulkan data penghitungan suara, pihak BPN akan memantau dan mengawasi dengan aplikasi yang dibuat.

"Memang tidak terkonsolidasi dan kalau kita menjaganya melalui aplikasi Ayo Jaga TPS," kata Sandi.

KPU Ungkap Kendala Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 di Papua Terhambat

Sementara itu, Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Erwin Aksa meyakini, suara Prabowo-Sandi unggul telak dari paslon 01, Jokowi Ma'ruf di beberapa daerah, melebihi real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang hingga saat ini masih terus berjalan.

"Harusnya (suara Prabowo-Sandi) sudah lebih besar dari yang dilakukan KPU. (internal BPN) yang menghitung, masih coba tanya. Tapi intinya, kita unggul di beberapa daerah. Unggul telak," kata Erwin.

Erwin menuturkan, para relawan Prabowo-Sandi terus melakukan penghitungan suara. Mereka sangat militan mengawasi suara yang masuk.

"Relawan itu kan macam-macam. Ada ratusan yang hitung. Tergantung relawannya. Ada (aplikasi) Ayo Jaga TPS. Relawan saksi pemilu," ujar Erwin.

Dia menambahkan, para relawan 02 banyak menemukan selisih angka yang berbeda dari perhitungan suara KPU.

"Mereka cocokkan data KPU, dengan data mereka. Di situ banyak perbedaan dan selisih. Alasannya, salah input dan sebagainya. Tapi kelihatannya, angka itu banyak muncul yang ditemukan para relawan," ucapnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya