Kubu Prabowo Akui Kalah di Jatim, Tapi Tipis

Ketua Badan Pemenangan Provinsi Prabowo-Sandi wilayah Jawa Timur, Soepriyatno, dalam konferensi pers di Surabaya, Kamis, 25 April 2019.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Badan Pemenangan Provinsi Prabowo-Sandi wilayah Jawa Timur mengakui, perolehan suara calon presiden-wakil presiden jagoan mereka kalah dari Joko Widodo-Ma'ruf Amin di provinsi itu. Namun secara nasional dia mengklaim bahwa jagoannya unggul 20 persen.

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024

"Kita memang kalah tipis, kalah tipis, kalah tipis memang kita, tapi akan kita lihat, kita akan pelajari terus potensi penggelembungan suara sangat masif, sehingga kita sekarang lebih mengutamakan mengumpulkan C-1," kata Ketua BPP Prabowo-Sandi untuk Jawa Timur, Soepriyatno, dalam konferensi pers di Surabaya, Kamis, 25 April 2019.

Soal berapa persen data suara masuk dari saksi dan relawan kandidat  02 berdasarkan C-1 yang sudah masuk di data center BPP, Soepriyatno enggan menjawab kendati ditanya lebih dari tiga kali oleh awak media. Dia beralasan, BPP hanya mendasarkan penghitungannya pada formulir C-1 asli dan kini masih banyak dipakai untuk penghitungan suara di tingkat kecamatan dan kabupaten. 

Ahmad Ali Temui Prabowo, Sekjen Nasdem: Bagian dari Silaturahmi, Pak Prabowo Pernah ke Sini

"Karena banyaknya kecurangan-kecurangan, kita ini sekarang pusing. C-1 yang semestinya sudah masuk di Badan Pemenangan Daerah dan Badan Pemenangan Provinsi, ini belum sampai karena masih dipakai untuk penghitungan di kecamatan, karena banyak kecamatan melakukan penghitungan ulang," ujar Ketua Partai Gerindra Jawa Timur itu.

Konferensi pers itu adalah yang pertama dilakukan BPP Prabowo-Sandi di Jatim setelah pemungutan suara padan 17 April 2019. Sebelumnya, pada Sabtu pekan lalu, VIVA mencoba mencari informasi soal perolehan suara Pilpres 2019 berdasarkan real count Gerindra dan BPP Jatim, untuk mengonfirmasi klaim Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang menyatakan Prabowo-Sandi menang di Jatim.

Respons Surya Paloh Soal Waketum Nasdem Sambangi Rumah Prabowo Subianto Malam Ini

VIVA berhasil menemui penanggung jawab data BPP Jatim, Reni Widya Lestari. Namun, sama dengan Soepriyatno, kala itu Reni ogah membuka data pasti berapa persen data perolehan suara berdasarkan C-1 sudah masuk dan berapa perolehan suara Prabowo-Sandi dan Jokowi-Ma'ruf di Jatim berdasarkan real count BPP. "Yang jelas Prabowo menang," ujarnya kala itu. (mus)

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan

KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi, KPK, mengatakan bakal memonitor program makan siang gratis yang jadi agenda prioritas pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024