Kubu Jokowi Anggap Tuduhan Pemilu Curang Tak Hargai Petugas Wafat

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily.
Sumber :

VIVA – Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf mengaggap bahwa tuduhan pemilu curang sesungguhnya tudingan zalim. Menurut juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily, tuduhan yang kerap dikemukakan kubu oposisi itu seolah tak menghargai ratusan petugas KPPS yang wafat karena menjadi penyelenggara pemilu.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

"Saya kira sangat zalim rasanya kalau pengorbanan yang dilakukan KPPS, hingga nyawa pun diberikan untuk demokrasi Indonesia, kemudian ada yang mengatakan bahwa pemilu Indonesia ini penuh kecurangan dan perlu diulangi kembali," kata Ace dalam konferensi pers di 'War Room' TKN, Jakarta, Jumat, 26 April 2019.

Berdasarkan data yang dimutakhirkan pada Jumat, sebanyak 230 petugas KPPS wafat karena sakit, juga kelelahan, akibat menjadi penyelenggara pemilu. Ada juga 1.671 petugas yang sakit.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

Ace, yang juga politikus Partai Golkar, menilai beban kerja para petugas KPPS memang tinggi dalam Pemilu 2019 yang menggabungkan pemilu legislatif dengan pemilu presiden.

"TKN memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pejuang demokrasi tersebut. Dan tentu kerja keras mereka, pengorbanan mereka, tidak boleh dianggap sia-sia oleh siapa pun," ujarnya.

Cerita Jokowi Bertemu Bos Apple-Microsoft: Memprihatinkan

Ace menegaskan, tuduhan pemilu curang seolah tak menghargai para petugas KPPS yang telah banyak berkorban untuk penyelenggaraan perhelatan lima tahun itu. Perjuangan mereka terbilang berat supaya pemilu 2019 pada akhirnya terlaksana dengan lancar.

“[tuduhan] itu adalah kenyataan yang sangat tidak menghargai sekali perjuangan, jasa-jasa mereka, yang bahkan nyawa pun dikorbankan untuk demokrasi Indonesia yang kita cintai ini," katanya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Presiden Jokowi juga menyebutkan anggaran untuk membangun IDTH Kemenkominfo menghabiskan Rp980 miliar.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024