Antisipasi Sakit, PPK Jambi Cek Kesehatan Saat Rekapitulasi Pemilu

PPK Kecamatan di Kota Jambi Cek Kesehatan saat rekapitulasi suara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syarifuddin Nasution

VIVA – Antisipasi panitia pemilihan Kecamatan jatuh sakit dan meninggal saat rekapitulasi Pemilu 2019. Pemerintah Kota Jambi menurunkan dinas kesehatan bersama tim dan dokter di tingkat Kecamatan guna cek fisik PPK.

Mahasiswa UMM Adakan Cek Kesehatan dan Pembagian Masker Gratis

Informasi yang dihimpun VIVA, Pengecekan fisik PPK langsung dilakukan saat rekapitulasi Pemilu 2019 pada Jumat malam, 26 April 2019 oleh Dinas Kesehatan bersama timnya dari puskesmas dan dokter yang disebar di 11 Kecamatan Kota Jambi. Tujuannya demi menghindari banyaknya jatuh sakit dan meninggal.

Kepala Dinas Kesehatan Jambi Ida Yuliati mengatakan pelaksanaan cek fisik kesehatan anggota PPK setiap hari dilakukan sesuai instruksi Wali Kota Jambi demi menghindari banyaknya jatuh sakit sampai meninggal dunia.

Ajukan Saksi Tambahan, Putusan Gugatan Mulan Jameela Cs Ditunda

"Cek fisik PPK ini sudah siapkan anggota dari puskesmas serta dokter demi menghindari adanya jatuh sakit akibat kelelahan," jelasnya.

Ida menyampaikan kepada pihak PPK agar selalu tetap menjaga kesehatan dan tidak banyak begadang saat rekapitulasi pemilu 2019.

Jusuf Kalla Nilai Pertemuan Jokowi-Prabowo Damaikan Politik Bangsa

"Untuk menjaga kesehatan anggota PPK kita harapkan selalu banyak makan buah, makan sayur dan makan nasi serta istirahat," ujarnya.

Dari pantauan di lapangan tampak satu persatu anggota PPK tepatnya di Kecamatan Kotabaru Kota Jambi cek fisik kesehatan sekitar pukul 22.00 sampai 23.00Wib. 

Dari hasil ini pihak kesehatan puskesmas ada juga menemukan tensi PPK tinggi dan kelelahan. namun dokter langsung memberikan obat dan vitamin agar tidak jatuh sakit.

"Ya ada juga ditemukan tensi tinggi dan berkurangnya fisik kesehatan namun sudah diatasi oleh dokter sedangkan pelaksanaan cek kesehatan PPK ini setiap hari dilaksanakan sampai rekapitulasi pemilu selesai dilaksanakan," jelasnya Jumat, 26 april 2019.

Terpisah, Arvandi Ketua Panwascam Kecamatan Kotabaru Kota Jambi mengatakan proses rekapitulasi pleno suara tingkat Kecamatan berjalan dengan lancar begitu juga waktu jam batas rekapitulasi juga diatur demi menjaga kesehatan anggota PPK.

"Batas rekapitulasi tingkat Kecamatan saat ini kita buat dari jam 09.00 WIB sampai jam 01.00 WIB setelah itu istirahat dan disambung besok harinya demi menjaga kesehatan agar tidak ada yang jatuh sakit," ungkapnya.

Arvandi menargetkan Minggu, 28 april 2019 rekapitulasi pleno suara di  kecamatan sudah selesai dilaksanakan dan dirinya juga sangat berterimakasih kepada pemerintah sudah menyiapkan tim kesehatan dari puskesmas untuk PPK guna menghindari adanya jatuh sakit.

"Di Kecamatan Kotabaru Kota Jambi ada lima kelurahan semenjak pelaksanaan pemilu 17 April 2019 sampai sekarang terdata ada satu orang sakit anggota TPS namun sudah sembuh," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya